Seoul Day 1: Wisata Belanja Seoul (Myeongdong, Dongdaemun)

Tanggal 9 Oktober 2016 jam 08.00 pagi waktu Korea Selatan adalah hari bersejarah buat gue dimana pertama kalinya gue menginjakan kaki gue di negeri SNSD yang telah gue impikan sejak 2009 :happy:

Setelah landing di bandara Incheon, dengan muka bantal gue pun langsung bergegas menuju Immigration Clearance dan mengambil koper gue.

T-Money Card

T-Money Card

Kemudian bergegas mencari minimarket terdekat untuk membeli kartu T-Money. Kartu sakti untuk berbelanja di minimarket (CU, 7-11, GS 25) dan untuk transportasi selama berada di Seoul. Akhirnya ditemukan lah CU yang berlokasi tidak jauh dari tempat gue berada. Kartu dijual seharga 4.000 won dan topup saldo sebesar 30.000 won langsung di kasir CU. Kemudian bergegas lah gue menuju subway menggunakan AREX.

Awal mula ketika keluar dari bandara Incheon, gue pun heran kok AC nya dingin banget diluar ternyata gue baru sadar ternyata itu bukan AC melainkan suhu udara diluar yang emang dingin a̶s̶l̶i̶ ̶n̶o̶r̶a̶k̶.

Gak pake lama langsung cus menuju Hongdae station dikarenakan gue dan rombongan ingin check-in penginapan terlebih dahulu.

Itinerary Day 1

Stasiun Hongdae sendiri terdapat beberapa exit sehingga sangat disarankan untuk mencari exit terdekat dengan lokasi Guesthouse. Tujuannya biar gak kelamaan tarik koper  :sweating:

Exit terdekat UWA Guesthouse dari stasiun Hongdae adalah Exit 3 Gyeongui Line Forest Park. Tapi karena dari awal gue pun sudah salah ketika keluar dari stasiun Hongdae akhirnya gue pun mengandalkan peta dari si mbah Gugel. Detail lokasi nya dan review dari UWA Guesthouse akan dibahas Lokasi dan Review UWA Guesthouse.

Setelah tiba di UWA Guesthouse dan diajak tour oleh si Josh (oppa yang jaga) gue dan temen-temen pun bergegas cuci muka dan gosok gigi. Awalnya sih 1 jam saja tapi menjadi 2 jam karena temen trip gue pake acara nyatok rambut lagi  :sigh:

Akhirnya setelah hampir ketiduran, akhirnya berangkat juga gue menuju Myeongdong dari lokasi gue yang berada di Hongdae.

Myeongdong

Direction
Take Subway Line 4 Myeongdong Station or Line 2 Euljiro 1(il)-ga
Cosmetics in Myeongdong

Cosmetics in Myeongdong

Ramainya di Myeongdong

Ramainya di Myeongdong

Ketika tiba di Myeongdong, kesan pertama gue tempatnya cukup crowded. Dan banyak tempat belanja kosmetik dimana-mana juga couple dimana-mana  :lonely:

Intinya Myeongdong ini salah satu tempat belanja untuk kosmetik. Mulai dari brand Innisfree, Etude, Tony Moly hingga brand yang belum pernah gue dengar juga ada. Katanya sih hampir semua brand tersebut memberikan masker gratis sebagai sample tapi pas gue masuk hampir tidak ada yang kasih  :crying:

Bukan hanya belanja kosmetik saja, tetapi tempat hangout banyak mulai dari Starbuck, The Coffee Bean, Line Cafe dan lainnya.

Yoogane, Myeongdong Branch
Direction
Take Subway Line 4 to Myeong-dong Station (Exit 8).
Make a left and continue for 250 meters to reach the restaurant on the right.

Address : 3-1 Myeong-dong 2-ga, Jung-gu, Seoul

Yoogane Myeongdong

Yoogane Myeongdong

Karena gue sudah lapar banget dan temen gue menyarankan makan di Yoogane yang merupakan toko generasi pertama. Berangkat lah kita menuju TKP. Setelah beberapa menit mencari akhirnya ketemu juga Yoogane ini. Tempat makan yang cukup ramai yang rata-rata dipenuhi oleh kaum muda.

Yoogane Myeongdong menu

Yoogane Myeongdong menu (click picture to enlarge)

Marinated Chicken Fried Rice

Marinated Chicken Fried Rice

Disini 1 meja hanya bisa memesan 1 menu karena tempat penggorengannya disediakan 1 untuk 1 meja.  Akhirnya gue dan temen sepakat memesan Marinated Chicken Galbi Fried Rice untuk porsi 5 orang. Sebenarnya hidangan yang disajikan yang merupakan andalannya adalah Dak Galbi, hidangan tumis ayam dan sayuran. Tapi karena mikirnya masih hari pertama jadi kita mikirnya bisa coba kapan hari.

Penyajiannya dimasak secara live oleh si oppa diatas meja kita. Kejadian yang bikin gue culture shock adalah saat si oppa ini mulai memasak, temen trip gue langsung on action untuk merekam aksi oppa tersebut. Akhirnya nasi yang sedang dimasak pun mental karena si oppa tersebut sepertinya kaget  :haha:

Self service side dish Yoogane Myeongdong

Self service side dish Yoogane Myeongdong

Terlihat si oppa memasak untuk beberapa meja sehingga cukup sering berpindah-pindah dari 1 meja ke meja lainnya. Jadi selagi si oppa menunggu masakan dimeja matang, si oppa akan sering berpindah-pindah untuk memasak dimeja lainnya juga. Akhirnya setelah sekian lamanya menanti, makanan kami siap disantap. Jangan lupa untuk mencoba side dish yang disediakan unlimited.

Setelah kenyang, gue pun langsung siap tempur untuk belanja kosmetik titipan!

Orange Juice Myeongdong

Orange Juice Myeongdong

Myeongdong street

Myeongdong street

Kebetulan banget pas gue datang ke Korea adalah saat Korean Grand Sale 2016 berlangsung. Jadinya merchant yang tergabung dalam festival memberlakukan diskon dan tax refund immediately. Uniknya, karyawan toko kosmetik kebanyakan dari mereka bisa berbahasa Mandarin. Walaupun mereka orang Korea tapi mereka fasih berbicara Mandarin.

Disini pun gue mencari kosmetik secara terpisah dengan temen trip gue dikarenakan punya kebutuhan masing-masing. Ketika sedang berjalan sendiri, ada 1 kejadian dimana gue diminta donasi untuk yayasan panti jompo oleh lelaki dan wanita yang berkisar di usia 55 tahun. Mereka pun menunjukan foto panti jompo mereka. Bukan tidak percaya hanya saja gue udah sering kena beginian. Kenapa gue harus donasi untuk negara orang lain (mungkin saja ini adalah fraud) padahal negara gue sendiri juga gue donasi kok dan gue datang langsung untuk menghindari donasi yang tidak tepat sasaran. Hingga akhirnya mereka “meminta” membelikan sayuran dengan kartu kredit gue. Dengan tegas gue bilang NO!

Setelah kejadian tersebut akhirnya gue memutuskan untuk bareng sementara dikarenakan belanjaan gue juga sudah cukup.

Setelah puas berbelanja akhirnya gue lanjut ke destinasi berikutnya.

Dongdaemun
Direction
Take Subway Line 2 Dongdaemun History & Culture Park Line 4 Dongdaemun
Doota Dongdaemun

Doota Dongdaemun

Cotton Candy Dongdaemun

Cotton Candy Dongdaemun

Jika Myeongdong lebih dikenal dengan pusat belanja kosmetik, lain halnya dengan Dongdaemun. Disini lebih kearah industri tekstil seperti jaket, baju, topi dan lainnya.

Kebetulan tempat ini dekat banget dengan Cheonggyecheon Stream. Tapi tujuan awal sih emang kesini mau lihat tempat belanja di sekitar Dongdaemun. Tapi sepanjang gue lihat tempat belanja yang disini lebih mirip di ITC. Disana tinggal bagaimana cara negosiasi harganya. Tapi ada juga penjual yang ditawar langsung cuek  :silence:

Lagi-lagi ketika gue jalan sendiri, gue dipanggil oleh seorang penjual. Padahal gue udah bilang gak mau beli tapi tetap “diajak” masuk ketokonya :sweating:   Pas si penjual dapat panggilan telepon, akhirnya gue gak pake lama langsung kabur. Akhirnya gue balik lagi ke rombongan temen trip gue :sigh:

Snacks Dongdaemun

Snacks Dongdaemun

Setelah puas jalan-jalan akhirnya malam itu ditutup dengan jajanan odeng dan sundae yang ada disekitar Dongdaemun.

Total pengeluaran hari 1

Total pengeluaran hari 1

Related Posts
Comments ( 3 )
  1. sani_riswani
    May 3, 2017 at 2:56 pm
    Reply

    wahh seru banget ya belanja kosmetik disana, kayaknya harganya juga bisa lebih murah deh kalau di negara asalnya.. hmm

  2. Aldy
    January 9, 2017 at 7:59 pm
    Reply

    Ko revisi pglnya Klo cowo k cowo itu hyung bkn oppa :haha:

    • Sean Young
      Sean Young
      January 9, 2017 at 8:07 pm
      Reply

      omaigat, bener juga. thanks Aldy! hahahaha

Leave a reply

:sick:
 
:sick:
:full:
 
:full:
:gongxi:
 
:gongxi:
:siul:
 
:siul:
:happy:
 
:happy:
:sip:
 
:sip:
:terimakasih2:
 
:terimakasih2:
:desperate:
 
:desperate:
:haha:
 
:haha:
:noise:
 
:noise:
:hero:
 
:hero:
:spa:
 
:spa:
:panas:
 
:panas:
:hore:
 
:hore:
:mandi:
 
:mandi:
:aha:
 
:aha:
:bye:
 
:bye:
:scare:
 
:scare:
:shock:
 
:shock:
:evilmirk:
 
:evilmirk:
:terimakasih:
 
:terimakasih:
:keren:
 
:keren:
:angry:
 
:angry:
:relax:
 
:relax:
:victory:
 
:victory:
:shy:
 
:shy:
:yawn:
 
:yawn:
:nosebled:
 
:nosebled:
:noo:
 
:noo:
:sad:
 
:sad:
:semangat:
 
:semangat:
:bingung:
 
:bingung:
:ngamuk:
 
:ngamuk:
:cold:
 
:cold:
:hoho:
 
:hoho:
:goyang:
 
:goyang:
:lonely:
 
:lonely:
:sigh:
 
:sigh:
:study:
 
:study:
:senang:
 
:senang:
:sweating:
 
:sweating:
:crying:
 
:crying:
:dead:
 
:dead:
:matabelo:
 
:matabelo:
:confused:
 
:confused:
:hi:
 
:hi:
:busy:
 
:busy:
:silence:
 
:silence: