Pengalaman Jalan-Jalan ke Korea Selatan

Annyeong haseyooo chingu, post gue kali ini berisi ringkasan hasil jalan-jalan gue selama 9 hari di Korea Selatan. Gue akan menjelaskan tentang itinerary, pengeluaran, makanan yang wajib dicoba,  tips dan info-info yang mungkin berguna buat kalian pembaca setia blog gue h̶a̶l̶a̶h̶ ̶k̶a̶y̶a̶k̶ ̶a̶d̶a̶ ̶a̶j̶a̶.

Bagaimana cara ke Korea Selatan?

Awalnya gue pun bingung gimana caranya ke Korea Selatan. Tapi setelah gugel sana gugel sini tanya sana sini, tercapai lah semua klimaks dimana ke Korea Selatan itu mudah. Di Korea Selatan terdapat 2 bandara internasional yang sering digunakan sebagai destinasi kedatangan yaitu Incheon International Airport yang berada di kota Incheon dan Gimhae International Airport yang berada di kota Busan.

Untuk penerbangan ke Korea Selatan bisa dengan 2 cara yaitu dengan maskapai LCC (Low Cost Carrier) dengan kisaran 3.5 juta (pulang pergi) menggunakan maskapai AirAsia (transit di Kuala Lumpur) atau maskapai full service dengan kisaran 5.5 juta (pulang pergi) menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

Ketika anda ingin berkunjung ke Pulau Jeju, anda bisa menggunakan beberapa maskapai seperti JejuAir, JinAir, AirBusan dan EasterJet. Harga tiketnya pun kisaran 1 juta rupiah. Tinggal pilih saja yang terbaik.

Korea Selatan butuh Visa?

Korea Selatan masih termasuk negara yang membutuhkan visa untuk paspor WNI. Cara melakukan pengajuan visa Korea Selatan pun termasuk mudah dan dapat disimak pada Pengalaman dan Cara Membuat Visa Korea Selatan.

Korea Selatan berapa Musim?

Korea Selatan termasuk negara yang mempunyai 4 musim diantaranya

  • Musim Semi (Maret – Mei)
  • Musim Panas (Juni – Agustus)
  • Musim Gugur (September – November)
  • Musim Dingin (Desember – Febuari)

Menurut gue pribadi, gue lebih suka berada di Korea pada musim Semi dimana kondisi cuaca tidak dingin2 amat dan cherry blossom sedang bermekaran dan musim Gugur dimana kondisi cuaca juga tidak panas dan tidak terlalu dingin juga dan warna pohon yang sedang berguguran tidak kalah cantiknya untuk dijadikan wallpaper anda.

Untuk perkiraan cuaca dan suhu selama berada di Korea Selatan, gue sangat menyarankan untuk selalu mengecek pada Korea Meteorological Administration dengan tingkat akurasi 99%. Pastikan anda melakukan pengecekan suhu rata-rata agar tidak saltum alias salah kostum :senang:

Itinerary Korea

Perjalanan 9 hari gue ke Korea Selatan, gue berhasil mencicipi 2 kota yaitu Seoul dan Sockho. Dalam itinerary awal, gue menambahkan Busan sebagai salah satu kota tujuan tapi mengingat saat itu Korea bagian Selatan terkena dampak topan chaba (5 Oktober 2016) maka gue urungkan niat tersebut.

Untuk kota Seoul lebih didominasi oleh tempat belanja, palace atau istana. Untuk kota Sokcho lebih ke wisata alam seperti hiking. Berikut detail dari perjalanan masing-masing hari

Berapa biaya Keliling Korea Selatan?

Disini gue akan menjelaskan biaya secara garis besarnya saja. Untuk detailnya gue akan coba cantumkan dipost per harinya. Dan ini adalah budget seorang flashbackper.

Penginapannya gimana?

Hasil gugeling untuk biaya penginapan minimal kisaran 15000 won per malam. Tergantung lokasi dan tipe kamarnya. Gue menggunakan jasa Airbnb sebagai provider yang menghubungkan gue dengan sang owner. Atas dasar rekomendasi temen gue juga akhirnya gue pun dapat harga murah dari sang owner. Silahkan cek review UWA Guesthouse untuk guesthouse gue selama di Korea.

Cara biar bisa tetep eksis selama di Korea Selatan bagaimana?

Karena kebiasaan dimana tidak ada internet = mati gaya maka keberadaan internet hukumnya wajib buat para kaum pencinta sosial media. Korea Selatan ini salah satu negara dengan internet super cepat dan keberadaannya banyak di spot tempat wisata. Dan paling membahagiakan adalah GRATIIIIS!

Emang sih gratis cuma beberapa spot wifi yang gue coba itu, internetnya kurang stabil alias putus nyambung. Untungnya gue dari Jakarta sudah melakukan penyewaan pocket wifi dari Indonesia yaitu Wi2Fly. Atau bisa juga membeli EG Sim Card ketika berada di Korea Selatan dan Trazy Pocket Wifi.

Transportasinya sulit?

Sebelum gue berangkat ke Korea, gue sempatkan beberapa jam untuk belajar membiasakan diri dengan peta subway dan bus mereka. Tapi apa daya, niat gue kalah besar dengan godaan lain :lonely:

Intinya sih gue selama disana pake google maps karena google maps juga memberikan kita alternatif pilihan dari lokasi kita menuju lokasi tujuan yang merupakan kombinasi dari subway, bus dan jalan kaki.

Jangan lupa untuk membeli kartu transportasi mereka yaitu T-Money. Kartu praktis yang bisa digunakan selama berada di Seoul. Baik dari biaya bus, subway belanja di minimarket itu bisa dibayarkan menggunakan saldo dari T-Money. Ketika gue berada di Sokcho, kartu T-Money tidak bisa digunakan karena providernya beda. Di Sockho sendiri menggunakan kartu CashBee. Tapi gue lebih memilih membayar secara tunai karena gue tidak menginap disana.

Kuliner wajib yang harus dicoba apa aja sih?

Jika mampir ke negara lain, tentu saja kuliner jadi salah satu yang wajib kita coba. Di Korea sendiri mulai dari jajanan hingga makanan berat pun tersedia dan beraneka jenis. Gue pun pernah melewatkan makan malam gue gara-gara jajan doang :full:

Berikut adalah makanan ringan yang wajib dicoba adalah gyerangbang (egg muffins), odeng (fish cake), tentu saja Tteokbokki (spicy rice cake).

Berikut juga adalah makanan berat yang wajib dicoba adalah, Korean BBQ, Jajangmyeon (Black Bean Noodle), Kimbab (Rice Roll), Dak Galbi (Stir Fried Marinated Chicken).

Tentunya gue akan jelaskan lebih detail nantinya di tiap post.

Apa ada diskon?

Info ini yang wajib dan tidak boleh dilewatkan buat kalian pecinta diskon. Siapa sih yang tidak mau diskon alias potongan harga :goyang:

Jadi cuma modal rajin-rajin gugeling aja, anda bisa menemukan banyak diskon bertebaran di internet baik untuk produk kecantikan maupun tempat wisata. Salah satu organisasi yang sering membagikan diskon adalah Korea Tourism Organization (Indonesia) dimana ketika itu membagikan kupon diskon atau lewat Visit Korea Committee untuk kupon lainnya.

Waktu gue sampe di Hongik Station di dekat meja informasi, gue menemukan 1 kotak brosur yang isinya kupon potongan semua. Lumayan lah daripada print sana sini.

Berikut juga list website yang memberikan diskon

Butuh Referensi Tempat Wisata?

Jangan ragu untuk cek portal visit Korea karena informasinya jelas baik dari jam operasional, biaya masuk dan detail dari tempat wisata.

Question?

Silahkan post di kolom komentar, gue dengan senang hati menjawab pertanyaan kalian dengan gratis :keren:

Related Posts
Comments ( 64 )
  1. Putu Arya
    October 2, 2017 at 6:15 pm
    Reply

    Nanya dong OM, ITU ITINERARY NAMI ISLAND, PETITE FRANCE, GMC TERUS KESOKCHO ITU BISA DIJELASKAN ALURNYA NGGAK? ITIKU JUGA KAYAK GITU, TAPI BINGUNG NAIKNYA APA YANG MANA DULU YANG DISAMPERIN, GMC ATAU NAMI. PUSING! :ngamuk:
    DI SOKCHO NAIK GUNUNG BERAPA LAMA? SEMPET JALAN-JALAN GA DISOKCHONYA? MOHON PENCERAHANNYA SUHU~ :sip:

    • Sean Young
      Sean Young
      October 8, 2017 at 6:08 pm
      Reply

      Hi Putu,
      Nami Island, Petite France and GMC itu 1 jalur dan tinggal ikutin bus aja kok. Kalo Sokcho mesti dibuat 1 atau 2 hari kalo emang mau jalan2 di Sokcho karena perjalanannya aja sudah makan waktu. Kalo naik gunung berapa lama itu tergantung trek yg kamu pilih. Kalo kemaren saya pilih yg cepat alias bayar karena udah kesiangan.

  2. Michelle
    September 3, 2017 at 7:57 am
    Reply

    hi kak aku komen kembali.. :hi:

    finally visa approved dan sudah ditangan :senang: :happy:

    yg aku mau tanya, RENCANA sewa wifi aku di wi*fly (beli simcard kor) udah nanya2 harga juga di ig sm wi*fly-nya, tapi aku lihat itu sewa pocket wifi di budget kk 90k/9 days, atau??? :silence: murmer gitu,itu dimana sewanya kak :lonely: mauuu dong :<

    satu lagi ya kak,ada info tentang Claim Tax Refunds di incheon kah?
    itu aja :gongxi:

    ditunggu jawabannya kak :terimakasih2: :terimakasih2: :terimakasih2:

    :bye:

    • Sean Young
      Sean Young
      September 3, 2017 at 2:36 pm
      Reply

      Glad that you got your visa. Itu karena saya pergi berlima jadi sharing cost. Emang kalo sewa sendiri jatuhnya lebih mahal. Waktu itu saya bisa claim tax refund on the spot karena emang lagi ada eventnya tapi di airport Incheon juga bisa kok.

  3. Rumi
    September 3, 2017 at 7:47 am
    Reply

    hallo kak mau tanya kalo kita pergi ke korea bulan agustus itu cuacanya panas bgt nggak ya kak? mending pergi bulan agustus apa januari ya kak? makasih kak

    • Sean Young
      Sean Young
      September 3, 2017 at 2:40 pm
      Reply

      Agustus masih panas kalo January masih dingin. Kalo mau hangat ya Maret ke April

  4. TT23Deo
    September 2, 2017 at 8:46 am
    Reply

    Bermanfaat banget isinya, jadi pengen liburan ke korea. Kak mau nanya, kalo misal bikin visa itu harus ada paspor ya? Kalo misal belum punya paspor gimana? Terus kakak nuker duit dari RP ke KRW dimana? Terus untuk masalah internet disana, hp kita simcardnya kan gamungkin nyambung ya disana, solusinya gimana kak? Biar internetan tetep lancar

    • Sean Young
      Sean Young
      September 2, 2017 at 9:25 pm
      Reply

      Tentu saja mesti punya pasport dulu sebelum apply visa. Nuker duit ya di money changer lah. Sewa wifi portable untuk internetnya.

  5. Dita Urdita
    August 29, 2017 at 7:22 pm
    Reply

    kalo lcc gitu biasanya ga dikasih bagasi ya? kayanya kalo bawa koper kecil doang ga bakal cukup XD

    • Sean Young
      Sean Young
      August 31, 2017 at 9:32 pm
      Reply

      Iya gak pake bagasi jadi harus beli lagi kalo kopernya lebih dr 7KG

  6. 아닌
    August 28, 2017 at 9:08 pm
    Reply

    Hai kak tanya dong~
    Kakak kerja atau kuliah? Aku kuliah ni kak ada rencana ke korea 10hari oktober taun ini. Nah mslhnya tabunganku cm 10jtan, kt org agen sih gpp asal kerjaan ortu jelas. Aku rencana apply visa pake rekening aku tp aku jg pake npwp sm spt mamaku. Trs kl aku ada kenalan di sana, aku prlu minta dy buat bikin invitation letter ga ya buat make sure hidup aku disana bakal baik2 aja? Thx replynya

    • Sean Young
      Sean Young
      August 31, 2017 at 9:37 pm
      Reply

      Saran saya kamu pake NPWP ortu kamu jadi tabungannya juga pake punya ortu. Tidak perlu buat invitation apa2 cukup apply biasa aja.

  7. Lidia
    August 26, 2017 at 12:42 pm
    Reply

    Hai, saya RencaNa nop ini ke korea, apa bisa kita pake uber disana?

    • Sean Young
      Sean Young
      August 31, 2017 at 9:53 pm
      Reply

      Bisa, tapi pas waktu gue cek emang gak banyak drivernya.

  8. Elisabeth Noviecha
    August 17, 2017 at 12:32 am
    Reply

    Kak mau tanya.. kakak menginap di daerah mana sih?

    • Sean Young
      Sean Young
      August 20, 2017 at 9:02 pm
      Reply

      Tinggal di daerah Hongdae

  9. pemutih wajah aman dan permanen
    July 28, 2017 at 2:44 pm
    Reply

    kenapa korea selatan sangat menggoda sekali???ingin juga berangkat kesana :semangat:

    • Sean Young
      Sean Young
      July 28, 2017 at 9:59 pm
      Reply

      berangkat gan

  10. Benny
    July 11, 2017 at 2:59 pm
    Reply

    Hai, mau tanya untuk t-card nya prinsipnya 1 person 1 card atau bisa digunakan rame2 ? terima kasih, sangat bermanfaat blog nya

    • Sean Young
      Sean Young
      July 11, 2017 at 10:11 pm
      Reply

      Hi Benny, 1 org 1 T Money Card ketika menggunakan tranportasi umum seperti subway atau bus.

  11. kardiyanto
    July 10, 2017 at 3:25 pm
    Reply

    untuk transportasi di korea kalo naik mrt lebih simple atau naik bus ya?

    • Sean Young
      Sean Young
      July 10, 2017 at 4:16 pm
      Reply

      Kalo mau nyaman sih subway tapi untuk sampai ke tempat wisata kadang harus kombinasi subway + bus. Jadi saran gue mending coba ikutin saran google maps.

      • Lidia
        August 26, 2017 at 12:45 pm
        Reply

        Kl pake Uber bisa nggak di korea?

        • Sean Young
          Sean Young
          August 31, 2017 at 9:44 pm
          Reply

          Sebenarnya bisa tapi karena transportasi disana udah nyaman jadi peminatnya dikit.

  12. Lestari
    July 9, 2017 at 3:39 pm
    Reply

    Wah mantap min. Oia min,saya tertarik sekali untuk backpacker ke korsel. Kemungkinan saya akan solo backpacker. Info dong min untuk rincian harga makanan halal, penginapan, wisata dan trabsportasi. Dan keseluruhannya kira2 butuh biaya berapa. Dan yang penting biar ga nyasar cara menggunakan transportasi kereta atau bus ya min yang lebih efisien? Terimakasih :terimakasih2:

    • Sean Young
      Sean Young
      July 9, 2017 at 4:24 pm
      Reply

      Halo Lestari, transportasi nya saya selalu pake google maps karena uda dikasih tahu naik apa. Kalo untuk makanan halal kurang explore karena saya tipe flashpacker. Info lainnya bisa kamu cek di post masing-masing ya..

  13. SURYANTO
    July 4, 2017 at 12:14 am
    Reply

    mas, mau nanya. teman saya awalnya ikut akan tetapi setelah saya ngasih contoh itinerary nya teman saya yang sudah pernah ke korea selatan (punya cwe), malah undur diri gak jadi. apa beda ya perjalanan nya untuk laki-laki dan perempuan? oh iya satu lagi, apakah ada kontak atau forum untuk kelompok backpacker, karena saya udah bingung nyari teman kesana. terima kasih mas

    • Sean Young
      Sean Young
      July 4, 2017 at 10:09 pm
      Reply

      Halo Suryanto, itinerary tidak ada perbedaan untuk pria dan wanita. mungkin itinerary yang ditawarkan tidak cocok. Kalo forum bisa cek di http://www.backpackerindonesia.com atau di grup facebook namanya Backpacker Dunia

  14. Lisa
    July 1, 2017 at 11:18 pm
    Reply

    Dari semua blog yg prnh gw baca, ini doang yg paling brmanfaat! Day7-9 pliss di post cpt” ko! Day8 pling pentinv buat pecinta kpop trmasuk saya😂 Plis ko di tunggu!

    • Sean Young
      Sean Young
      July 1, 2017 at 11:44 pm
      Reply

      Halo Lisa, thank you banget ya atas pujiannya. Iya ini lagi disiapin. Ditunggu aja ya

  15. iis
    June 5, 2017 at 8:59 am
    Reply

    Thanks bgt info nya, ngebantu buat referensi 🙏😊

  16. Lia
    June 2, 2017 at 11:27 pm
    Reply

    Sorry gue post lagi, wkwk belom klik notify nya , nanti kalo dibales jd gatau…
    Hai.. Aku mau nanya nih soal guesthouse..
    1. Kalo misalkan nih aku pergi sendiri , lalu aku mau pesan kamar d uwa guest house.. Andaikan lah harganya 170rb per malam. Nah tp aku pilih kamarnya yang satu kamar ada 6 bed .. Sharing gitu lah.. Berarti kan aku bisa sekamar sama org luar negeri lainnya kan.. Aku ttep bayarnya 170rb gt? Jd itu itungannya bayar per org ? Atau ruangannya?
    2. Kalau aku perginya bareng temen , katakanlah ber 2 , kan ada yg twin bed kan.. Misal harganya 300rb per malam. Kan aku tidurnya bareng temen ku nih. Nah itu jd aku bisa patungan dengan temen ku 150rb 150rb atau… Sebenernya masing-masing dari kami harus bayar 300rb?
    Maaf ya aku ga ngerti beginian.. Jd nanya..
    Kalo di hotel kan katanya pokoknya pesen kamar lah gt, mau satu kamar isi berapa org dia ga peduli kan?

    • Sean Young
      Sean Young
      June 2, 2017 at 11:33 pm
      Reply

      Halo Lia, kalo bth fast response bisa tanya di IG chat.
      1. Sewa nya per bed intinya.
      2. Misal harga kamar twin bed 300 ribu, jadi kamu tinggal patungan aja sama temen. Per org 150 ribu.
      Kalo hotel juga ada maximal orgnya, kalo bed cuma 2 tapi yg nginap 4 kan kurang bener juga hahahaa

  17. Hernawan
    May 29, 2017 at 10:04 am
    Reply

    Kalo ke liburan ke korea selatan pas di imigrasi indo ataupun korea ditanyain tiket pulangnya tidak. Saya mau liburan kesana tapi tidak tau mau berapa hari.

    • Sean Young
      Sean Young
      May 29, 2017 at 7:59 pm
      Reply

      Enggak ditanyain bro, kalo di Korea sih ada visa dengan masa berlaku 3 bulan. Jadi kalo emang mau jalan-jalan max 3 bulan sejak visa keluar.

  18. Kiky
    May 24, 2017 at 5:23 pm
    Reply

    Haii aku mau ke korea deket” ini. Nah aku takut kalo bElanja bingung karena aku Ga bIsa bahasa korea, kIra” mereka ngerti bahasa inggris ga yah?? Thanks

    • Sean Young
      Sean Young
      May 24, 2017 at 9:29 pm
      Reply

      Halo Kiky, tergantung yang jualnya. Kalo yang jualan ahjumma, mending cari tempat lain atau bawa kalkulator (HP). Tapi kalo kamu mau coba gpp. Itung-itung nyari pengalaman HAHAHA
      Soalnya temen pernah nawar sama org Korea yang gak bisa Inggris, akhirnya pake bahasa tubuh sama main kalkulator. Proses penawaran berlangsung alot ada kali 30 menit nawar sambil milih2. AKhir kata good luck :)

      • Kiky
        May 25, 2017 at 10:24 am
        Reply

        Kak minta kontak Email ato apa dong mau nAnya” hEhe thanks

  19. Tasya
    May 17, 2017 at 5:59 pm
    Reply

    kalo disana mau makan kuliner halal gimana yaa? :study: :terimakasih2:

    • Sean Young
      Sean Young
      May 17, 2017 at 8:20 pm
      Reply

      Halo Tasya, kalo kuliner halal kurang tahu ya saya. Tapi kalo gugel lsng ketemu kok jenis makanan halal cuma mesti liat tempat juga.

  20. sani_riswani
    May 3, 2017 at 3:22 pm
    Reply

    makanan korea yang ingin aku coba itu tteok alias kue beras, kayaknya kenyal dan enak aja gitu.. hhe

  21. michelle
    April 12, 2017 at 12:08 pm
    Reply

    :terimakasih2:
    Sept udh beli tiket ke korea.. info dong, untuk exchange money nya?
    sama mending sewa pocket wifi / beli sim card disana? :study:
    terus, subway nya susah ngga sih? misalkan dari itaewon ke myeondong gitu,mending naik subway / taxi? lebih rekomen mana yah?? :confused:
    oh ya lagi (maaf banyak nanya) booking hotel kenapa lebih milih airbnb ya? kalo lewat situs online lain,contoh agoda,traveloka gitu oke juga kan??

    kamsahamnidaa~~ :gongxi:

    • Sean Young
      Sean Young
      April 13, 2017 at 9:19 pm
      Reply

      Hi Michelle, Sept kurang berasa autumnnya. Kemaren Oktober aja juga berasa. Exchange money nya kemaren nuker di Jakarta Barat. Kalo beli SIM Card disana jelas mahal utk 1 org, kalo pocket wifi kemaren rekomendasi gue juga lagi ada masalah. Jadi mending cari pocket wifi versi saingannya aja.
      Ikutin google maps aja, uda dikasih tau kok shortcutnya dan busnya apa. Kenapa milih airbnb? Karen kemaren dapat diskon dari ownernya. Pake trick tentunya biar dpt diskon hehehehe…
      Kalo masih mau tanya panjang, lewat instagram messenger aja.

      • Kirana
        July 15, 2017 at 12:08 am
        Reply

        kak mau TANYA. Kalau ke korea terus beli barang barangnya kayak album GITU pas di airport kena tax ngga?

        • Sean Young
          Sean Young
          July 22, 2017 at 3:41 pm
          Reply

          Halo Kirana, enggak selama tidak melebihi batas per orang itu 250 USD kalo gak salah inget.

  22. Titin
    April 7, 2017 at 4:59 pm
    Reply

    Ada kendala masalah bahasa ga kl Backpackeran?

    • Sean Young
      Sean Young
      April 8, 2017 at 10:39 pm
      Reply

      Hi Titin,
      Sejauh ini sih enggak, tapi kalo intinya mereka bisa kok kalo kita tanya pakai English yang basic. Asal kita jangan tanyanya yang ribet dan susah.

  23. Natasya
    April 4, 2017 at 12:51 pm
    Reply

    syarat apply visanya gmn ya??

  24. SUSAN
    March 23, 2017 at 12:41 pm
    Reply

    OH YA KLO LIBURAN 9HARI DISANA ITU KELAMAAN NGGAK YA?
    SOALNY SAYA JUGA UDH BOOKING TIKET KEKOREA DAN DISANA KURANG LEBIH 7-8 HARI,
    TERUS TEMEN YANG PERNAH KEKOREA BILANG “KAMU MAU NGAPAIAN DISANA? NGGAK KELAMAAN”
    BERHUBUNG ADANYA TIKET PROMO PAS TANGGAL SEGITU JADI YA BELI AJA

    • Sean Young
      Sean Young
      March 23, 2017 at 8:58 pm
      Reply

      enggak kelamaan, malah kurang. Kemaren gue aja masih kurang. Belum ke Busan, Jeju dan lainnya.

  25. eka
    March 5, 2017 at 7:49 pm
    Reply

    its very nice artikel.. Good info..

    salam

  26. michelle
    March 2, 2017 at 5:27 pm
    Reply

    itu T money juga bisa utk bayar subway dan kereta? trs kalo boleh tau, kira kira biaya kereta nyebrang kota berapa ya? misalnya dari myeongdong ke gangnam, atau ke gapyeong? soalnya mau siapin budget untuk myeongdong ke nami island pakai kereta hehe

    • Sean Young
      Sean Young
      March 2, 2017 at 10:11 pm
      Reply

      Hi Michelle, T Money card bisa buat subway, AREX (kereta Incheon-Seoul baik express maupun transit), bus (di Seoul), taxi dan belanja di minimarketnya di Seoul. Kalo kereta (ITX, dkk) harus bayar cash di vending machine atau ke loket. Saya gak sampe sedetail itu sebenarnya tapi kalo kamu mau tahu detail harga dari station Myeongdong ke Gangnam kamu bisa download aplikasi MetroidHD dari google store. Disitu lengkap mulai dari estimasi, cost fare, dll.

  27. selly
    February 10, 2017 at 10:53 pm
    Reply

    yang day4 dst blm ada ya sharingnya?

    • Sean Young
      Sean Young
      February 10, 2017 at 10:58 pm
      Reply

      Hi Selly, day 4 nya sudah diupdate ya. Sisanya masih on progress, lagi banyak kerjaan ni. Semoga bisa kelarin dalam minggu2 ini.

  28. Laras
    February 4, 2017 at 2:48 pm
    Reply

    DITUnggu banget POST seoul day 8 nya broo .. Pliss :)

    • Sean Young
      Sean Young
      February 5, 2017 at 2:20 pm
      Reply

      iya diusahain ya masbro :)

  29. Ratna
    January 24, 2017 at 10:41 pm
    Reply

    Malam kak, mo ke nami island petite frnce dan garden of morning calm better naik taxi ya klo ber 4 orang? Kira2 brp ya biaya taxinya? Dari stasiun

    • Sean Young
      Sean Young
      January 24, 2017 at 11:38 pm
      Reply

      sekitar 4000-5000 won kayaknya.

  30. Aldylovable
    January 9, 2017 at 8:24 pm
    Reply

    Ditunggu update seOul day 4 nya dst ya…bwt referensi k seoul Akhr maret ini :terimakasih2:

    • Sean Young
      Sean Young
      January 9, 2017 at 8:33 pm
      Reply

      OK, ditunggu aja ya, semoga saya bisa post dalam minggu ini. hehe

  31. Ghaniah Alvita
    December 20, 2016 at 5:02 pm
    Reply

    Kak nyewa pocket wifi yang murah gitu dimana? makasih

    • Sean Young
      Sean Young
      December 21, 2016 at 7:45 pm
      Reply

      wah, sebenernya mau rekomen kamu wi**ly, cuma sekarang lagi ada beberapa masalah teknis, soalnya kemaren saya di korea pake itu dan lancar jaya. Tapi coba gugel aja pocket wifi korea. Kemaren temen juga ada yg pake itu, untuk detail harganya kurang tahu ya.

Leave a reply

:sick:
 
:sick:
:full:
 
:full:
:gongxi:
 
:gongxi:
:siul:
 
:siul:
:happy:
 
:happy:
:sip:
 
:sip:
:terimakasih2:
 
:terimakasih2:
:desperate:
 
:desperate:
:haha:
 
:haha:
:noise:
 
:noise:
:hero:
 
:hero:
:spa:
 
:spa:
:panas:
 
:panas:
:hore:
 
:hore:
:mandi:
 
:mandi:
:aha:
 
:aha:
:bye:
 
:bye:
:scare:
 
:scare:
:shock:
 
:shock:
:evilmirk:
 
:evilmirk:
:terimakasih:
 
:terimakasih:
:keren:
 
:keren:
:angry:
 
:angry:
:relax:
 
:relax:
:victory:
 
:victory:
:shy:
 
:shy:
:yawn:
 
:yawn:
:nosebled:
 
:nosebled:
:noo:
 
:noo:
:sad:
 
:sad:
:semangat:
 
:semangat:
:bingung:
 
:bingung:
:ngamuk:
 
:ngamuk:
:cold:
 
:cold:
:hoho:
 
:hoho:
:goyang:
 
:goyang:
:lonely:
 
:lonely:
:sigh:
 
:sigh:
:study:
 
:study:
:senang:
 
:senang:
:sweating:
 
:sweating:
:crying:
 
:crying:
:dead:
 
:dead:
:matabelo:
 
:matabelo:
:confused:
 
:confused:
:hi:
 
:hi:
:busy:
 
:busy:
:silence:
 
:silence: