Pengalaman dan Cara Perpanjang Paspor di KBRI Kuala Lumpur Malaysia

Halo semuanya, akhirnya bisa nulis lagi setelah melewati kondisi kritikal dikerjaan gue. Gue mau berbagi pengalaman dan cara perpanjang paspor di KBRI Kuala Lumpur beserta persiapan dokumen yang harus disiapkan. Sebelumnya gue udah diceritain bagaimana susahnya pengorbanan temen-temen gue untuk perpanjang paspor di KBRI dan banyaknya calo yang “seolah-olah” membantu mempermudah pengurusan paspor. Singkat cerita mereka harus datang subuh-subuh jam 05:00 pagi untuk mengantri.

Alamat KBRI Kuala Lumpur
Address: 233, Jalan Tun Razak, Imbi, 50400 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia
Phone: +60 18-223 6703 | Hours of Operation : 09:00-12:00 and 14:30 – 17:00
Dokumen Prasyarat

  • Membawa dan melampirkan fotokopi IC dan permit masuk (untuk pemegang IC merah)
  • Membawa fotokopi IC majikan sebanyak 2 (dua) kopi (untuk pembantu rumah/baby sitter), surat rekomendasi dari perusahaan/universitas/sekolah (untuk expatriat/pekerja non expatriat/mahasiswa/pelajar) dan fotokopi Expatriate Card/Student Card (untuk expatriat/mahasiswa/pelajar).
  • Membawa fotokopi asuransi dan mengisi kontrak kerja sebanyak 3 copy (untuk pembantu rumah/baby sitter)
  • Fotokopi paspor kedua orangtua, surat lahir/sijil kelahiran, dan surat nikah orangtua (untuk anak dibawah umur 16 tahun)
  • Fotokopi paspor/IC penjamin/suami dan surat nikah (untuk pengikut suami/istri)

Perlu diketahui bahwa untuk status karyawan kantor tidak perlu membawa semua dokumen diatas. Gue sendiri cuma melampirkan beberapa dokumen seperti berikut:

  • Paspor asli
  • Fotokopi paspor halaman depan (yang ada foto)
  • Fotokopi paspor halaman belakang
  • Fotokopi visa kerja yang masih berlaku
  • Referral letter dari company yang menyatakan bahwa gue adalah karyawan dari perusahaan tempat gue bekerja dan meminta agar diberikan kesempatan untuk proses pergantian paspor.

Pengajuan Paspor Baru

Pada tanggal 27 Feb 2017 gue pun berangkat ke KBRI untuk melakukan pengantian paspor. Setelah mendengarkan berbagai cerita temen-temen gue akhirnya gue pun inisiatif berangkat pukul 05:20 pagi. Pergi menggunakan salah satu layanan taxi online sehingga gue pun sampai KBRI Kuala Lumpur jam 05:45 pagi. Terdapat 2 gerbang yaitu gerbang 1 untuk layanan pengurusan paspor dan lain-lain yang berhubungan dengan kedutaan dan gerbang 2 untuk layanan pengambilan paspor.

Terdapat antrian sudah mulai ada di gerbang 2. Tapi karena gue melakukan pengurusan paspor maka gue mengantri di gerbang 1 yang gue lihat tidak ada antrian sama sekali. Terlihat ada beberapa calo yang menawarkan jasa kemudahan dalam pengecekan dokumen seperti membantu mengisi formulir dan lainnya dengan imbalan 10 RM. Tapi karena gue sudah diingatkan oleh temen gue bahwa abaikan saja para calo itu. Akhirnya gue pun berdiri didepan pintu gerbang 1 sambil menunggu berharap dibukakan pintu. Tidak lama kemudian orang-orang mulai mengantri dibelakang gue. Kemudian hujan gerimis pun turun dan tidak menyurutkan niat mereka untuk tetap mengantri termasuk gue. Akhirnya tepat pukul 06:00 pintu gerbang dibuka oleh petugas keamanan sehingga kami dipersilahkan masuk dahulu. Ketika gue masuk, ternyata sudah ada sebagian orang yang sudah mengantri dari tadi.

Konter Informasi

Konter Informasi

Dari papan informasi yang gue baca, antrian pengambilan nomor akan dilakukan pukul 08:00 dan loket untuk proses pembayaran dan penyerahan dokumen dilakukan pukul 09:00. Dan untuk pergantian paspor tidak perlu mengisi formulir apapun. Hanya melampirkan dokumen yang gue tulis diatas.

Akhirnya setelah berdiri hampir 2 jam lamanya dan pada pukul 08:00 akhirnya mulai lah petugas KBRI bekerja dengan melakukan pengecekan dokumen yang kita bawa dan memberikan nomor antrian setelah dokumen dianggap lengkap. Buat kalian yang tidak membawa fotocopy dari paspor, KBRI Kuala Lumpur menyediakan layanan fotocopy gratis dibagian paling belakang.

Nomor antrian setelah pengecekan dokumen

Nomor antrian setelah pengecekan dokumen

Setelah nomor antrian diberikan, gue pun berjalan ke sebuah ruangan AC dan menunggu nomor antrian gue dipanggil. Terdapat banyak loket mulai dari 1-33. Ketika waktu menunjukkan pukul 10:00 akhirnya nomor antrian gue dipanggil juga. Tidak pake lama, petugas KBRI pun memeriksa dokumen gue sambil bertanya bagaimana pengalaman kerja gue di Malaysia yang gue jawab ya begitu lah mas  :lonely:

Kemudian gue pun difoto dengan menggunakan kamera DSLR mereka dan ditanya jenis paspor yang diminta apakah 24H atau 48H. Gue pun memilih 48H dengan membayar biaya sebesar 92 RM dan 17 RM untuk biaya biometrik. Total yang gue bayar adalah 109 RM.

Bukti Pembayaran paspor Indonesia 48H

Bukti Pembayaran paspor Indonesia 48H

Kemudian gue diberikan tanda terima dan diminta untuk datang 3 hari kemudian untuk mengambil paspor yang telah jadi. Perlu diketahui ada 2 tempat pengambilan paspor ketika sudah selesai yaitu kantor Mandiri Remittance di Chow Kit dan di KBRI Kuala Lumpur. Gue diminta mengambil paspor gue di KBRI. Jam pengambilan paspor dibagi menjadi 3 yaitu 09:00 – 11:00, 11:00 – 13:00 dan 14:00 – 17:00.

Setelah gue pikir-pikir ternyata proses pergantian paspor sekarang ini tidak begitu menguras tenaga. Dalam perjalanan gue keluar dari lingkungan KBRI, gue pun melihat antrian pengambilan nomor sudah habis alias kosong saat jam 10:30 Mungkin karena faktor bukan peak season ya  :victory:

Gue pun menyempatkan diri untuk makan siang di kantin KBRI karena gue kangen banget masakan Indonesia  :full:

Pengambilan Paspor

Tepat 3 hari kemudian yaitu pada tanggal 2 Mar 2017, gue pun meminta izin setengah hari dari kantor gue untuk mengambil paspor gue setelah jam makan siang. Pukul 14:00 loket pun dibuka dan diminta untuk meletakan tanda terima pembayaran yang telah dilakukan hari pertama untuk pengambilan paspor. Beruntungnya gue, nomor antrian gue berada paling pertama dan jadi lah paspor gue yang baru.

Kesimpulan gue adalah pihak KBRI Kuala Lumpur telah melakukan perbaikan untuk meningkatkan layanan pengurusan paspor sehingga kita pun tidak perlu datang terlalu pagi. Jadi perpanjang paspor tidak sehoror menurut cerita yang beredar dulu.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q : Apakah penggantian Paspor dapat diwakilkan?

A : Tidak bisa karena akan ada foto untuk paspor baru

Q : Jika majikan berhalangan hadir apakah dapat diwakilkan?

A : Bisa diwakilkan oleh saudara majikan maupun orang yang diberi kuasa untuk mewakili dengan membawa surat bukti kuasa.

Q : Apakah bisa mengambil paspor dihari lain selain hari yang sudah dijadwalkan?

A : Bisa tapi ada baiknya menelepon pihak KBRI dahulu

Q : Apakah bisa mengambil paspor dijam lain dan dihari yang sudah dijadwalkan?

A : Bisa dan ada baiknya datang sebelum atau sesudah jam makan siang

Q : Mau tanya yang lain?

A: Silahkan post di kolom komentar, gue akan coba jawab kalo tahu.

Terima kasih dan Semoga bermanfaat.

Related Posts
Comments ( 15 )
  1. Jayden
    September 23, 2017 at 9:14 pm
    Reply

    Hi Sean, your blog help me a lot during the working visa process and renewing my pass in KBRI thank you so much. i would love to hanging out with you sometimes in KL :)

  2. Susan
    September 2, 2017 at 1:28 pm
    Reply

    Kak,Di kbri dapat e paspor ato paspor biasa?

    • Sean Young
      Sean Young
      September 2, 2017 at 9:21 pm
      Reply

      KBRI di Malaysia masih belum bisa untuk E-Passport. Jadi masih buat passport biasa deh

  3. Mohammad shalehuddin
    August 26, 2017 at 4:31 pm
    Reply

    Halu maz saya nak tanya.saya pux pasport mach berlaku 1.tahun.truz saya mu buat permit tapi sama majikan saya pasport saya suruh tukar dulu.karna menimal 18 bulan gt klow mu buat permit.boleh taaah tukar n dgn persyaratan apa saja yg mu di bawa ke kbri.maz mohon imfonya.

    • Sean Young
      Sean Young
      August 31, 2017 at 9:59 pm
      Reply

      Halo mas, di blog saya uda saya tulis kok persyaratannya :)

  4. Lisa
    August 24, 2017 at 10:14 pm
    Reply

    Numpang tanya, apakah proses pembuatan paspor bisa selesai dalam waktu 1 hari?
    Sebaiknya pukul berapa harus tiba di kbri untuk mengantri?

  5. lisa
    August 24, 2017 at 8:31 am
    Reply

    Hi numpang tanya, paspor barunya boleh didapat dalam masa 1 hari tanpa harus menunggu 3 hari?
    jam berapa sebaiknya datang ke kbri untuk perpanjang paspor?

    • Sean Young
      Sean Young
      August 31, 2017 at 10:05 pm
      Reply

      Tidak bisa didapat dalam masa 1 hari. Setelah melakukan pembayaran renew passport, nanti akan dikasih tahu jam pengambilan passportnya

  6. Anna
    July 28, 2017 at 4:24 pm
    Reply

    Mau tanya bro….bisakah kita renew paspornya di indonesia…sedangkan visa kita adalah visa ikut suami warganegara MALAYSIA…bisa di kasitau infonya bro…thanks

    • Sean Young
      Sean Young
      July 28, 2017 at 10:31 pm
      Reply

      Kalo itu harusnya bisa karena kamu pegang izin tinggal valid (bukan yang turis). Coba ke embassy of Indonesia di Kuala Lumpur untuk lebih jelasnya

  7. paspor
    July 10, 2017 at 4:12 pm
    Reply

    halo bro mau tanya, kalo sekarang saya stay di malaysia sedang bekerja, jika ingin mengajukan visa k jepang, korea atau negara lain bisa tidak ya diurusnya di kedubes negara tersebut yang di malaysia? jadi ga harus balik ke indonesia dulu buat applyny

    • Sean Young
      Sean Young
      July 10, 2017 at 4:29 pm
      Reply

      Bisa, kemaren sempat baca2 minimal stay di Malaysia 1 tahun dan visa Malaysia nya harus masih aktif dalam 6 bulan kedepan. Saldo ditabungannya juga minimal 20K RM. Ini info untuk ke Korea jika apply visa dari Malaysia. Sisanya bisa gugel sendiri ya…

  8. Wendi
    June 4, 2017 at 5:38 am
    Reply

    Kak sean, bisa renew passport utk E-Passport di kbri kl gak?

    • Sean Young
      Sean Young
      June 4, 2017 at 11:49 am
      Reply

      Halo Wendi, kemaren pas renew sih tidak ada opsi perpanjangan untuk E-Passport. Jadi kesimpulan sementara tidak ada. Kamu bisa coba telp KBRI untuk info pastinya.

  9. dino
    May 21, 2017 at 10:12 pm
    Reply

    kak sean
    kakak kan sudah bekerja di Malaysia
    bisakah kakak buat blog mengenai biaya hidup di Malaysia per bulan ?
    saya mau tahu karena ingin bekerja di sana
    terima kasih

Leave a reply

:sick:
 
:sick:
:full:
 
:full:
:gongxi:
 
:gongxi:
:siul:
 
:siul:
:happy:
 
:happy:
:sip:
 
:sip:
:terimakasih2:
 
:terimakasih2:
:desperate:
 
:desperate:
:haha:
 
:haha:
:noise:
 
:noise:
:hero:
 
:hero:
:spa:
 
:spa:
:panas:
 
:panas:
:hore:
 
:hore:
:mandi:
 
:mandi:
:aha:
 
:aha:
:bye:
 
:bye:
:scare:
 
:scare:
:shock:
 
:shock:
:evilmirk:
 
:evilmirk:
:terimakasih:
 
:terimakasih:
:keren:
 
:keren:
:angry:
 
:angry:
:relax:
 
:relax:
:victory:
 
:victory:
:shy:
 
:shy:
:yawn:
 
:yawn:
:nosebled:
 
:nosebled:
:noo:
 
:noo:
:sad:
 
:sad:
:semangat:
 
:semangat:
:bingung:
 
:bingung:
:ngamuk:
 
:ngamuk:
:cold:
 
:cold:
:hoho:
 
:hoho:
:goyang:
 
:goyang:
:lonely:
 
:lonely:
:sigh:
 
:sigh:
:study:
 
:study:
:senang:
 
:senang:
:sweating:
 
:sweating:
:crying:
 
:crying:
:dead:
 
:dead:
:matabelo:
 
:matabelo:
:confused:
 
:confused:
:hi:
 
:hi:
:busy:
 
:busy:
:silence:
 
:silence: