Pengalaman dan Cara Membuat Visa Korea Selatan

Pengalaman membuat Visa Korea Selatan ini jadi awal dari pengalaman pertama gue ketika membuat visa stempel dimana 3 bulan sebelum pengajuan visa, gue harus menghiasi rekening gue sebagus mungkin dan harus repot sana sini untuk melengkapi dokumen sebagai syarat pengajuan visa. Tapi semua itu indah pada akhirnya dimana gue berhasil mendapatkan izin masuk ke negara impian gue sebagai turis :happy:

visa Korea Selatan

visa Korea Selatan

Gue akan berbagi tips dan cara untuk mengajukan visa Korea Selatan sebagai turis dimana hasil riset yang gue lakukan baik dari konsultasi maupun baca komen-komen para sesepuh di forum backpacker dunia.

Lokasi Kedutaan Besar Korea Selatan
Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia
Address : Jl. Jendral Gatot Subroto Kav.57 Jakarta 12950
Tel : 62-21-2967-2555 | Hours of Operation : 08:30-12:00, 13:30-16:30
Dokumen Prasyarat

Untuk dokumen prasyarat visa Kunjungan Wisata dan Wisata Keluarga (C-3-2) dapat dilihat di dokumen prasyarat visa

  • Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
  • Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto)
  • Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
  • Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja- Jika tidak bekerja tidak perlu menyertakan
  • Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah
  • Fotokopi Bukti Keuangan, pilih salah satu:
    • Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
    • Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
    • Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank
    • Surat keterangan keanggotaan golf
    • Surat keterangan keanggotaan hotel bintang 5
    • Surat keterangan pemegang program jamsostek
    • Slip gaji atau bukti tunjangan pensiun
** Untuk tipe visa C-3 Multiple silahkan untuk melihat persyaratan Multiple Visa

** Jika berstatus mahasiswa harus melampirkan surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua
** Ibu rumah tangga dan yang masih belum memiliki pekerjaan/penghasilan harus melampirkan bukti keuangan suami atau keluarga
** Bagi pengusaha yang ingin mengajak serta asisten rumah tangga, harus melampirkan surat sponsor dari Employernya (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan)
** Dokumen yang telah dilampirkan jika dianggap masih belum lengkap oleh Consul maka pihak Kedubes Korea berhak untuk meminta tambahan dokumen

Pendaftaran dan Pengambilan Visa
Pengajuan Aplikasi Visa : 09.00~12.00
Pengambilan Visa : 13.30~16.30
Lama Proses Pembuatan Visa : 4 Hari Kerja (Proses bisa lebih dari 4 hari kerja jika dokumen dianggap belum lengkap dan interview jika dibutuhkan)
Selama Proses Pembuatan Visa, Paspor tidak boleh dipinjam

Biaya Pembuatan Visa
Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) : Rp. 560.000,-
Single Visa (Visa kunjungan diatas 90 hari) : Rp. 840.000,-
Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun) : Rp. 1.260.000,-
Double Visa (2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan) : Rp. 980.000,-
Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea

Persyaratan diatas sebenarnya sifatnya opsional tapi tidak ada salahnya melampirkan jika dokumennya gampang didapat atau ada untuk memperkecil peluang amit-amit kena tolak. Berikut adalah dokumen yang gue siapkan

  • Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
  • Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto). Formulir dapat di download langsung di halaman persyaratan dokumen pada website kedutaan, untuk foto gunakan ukuran 3.5mm x 4.5mm dengan background putih
  • Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan. Bisa menyerahkan fotocopy Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan KTP. Gue hanya menyertakan fotocopy Kartu Keluarga dan KTP.
  • Surat Keterangan Kerja – Jika tidak bekerja tidak perlu menyertakan. Surat Keterangan Kerja wajib dengan format Bahasa Inggris mempunyai kop surat perusahaan pada header dan cap perusahaan. Surat ini bisa diminta pada HR department perusahaan masing-masing. Di dalam bisa menyertakan No Passport, Negara Tujuan, Tanggal keberangkatan, dan Tujuan keberangkatan. Inti dari surat ini menjelaskan bahwa kita adalah pegawai aktif di perusahaan ini, dan perusahaan meyakinkan bahwa selesai dari trip ini, kita akan kembali ke Indonesia, dan segala biaya yang digunakan adalah biaya pribadi atau personal account.
  • Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan Surat Referensi Bank. Rekening aktif gue memakai Bank BCA jadi gue tinggal sampaikan saja ke CS minta Surat Referensi Bank untuk keperluan Visa dalam Bahasa Inggris dan mencantumkan rekening saldo terakhir, dengan biaya di Bank BCA untuk surat Referensi Bank sebesar Rp. 50.000 (proses 3 hari kerja) dan biaya rekening koran 3 bulan terakhir Rp. 2.500 per lembar. Ketika gue baca-baca info ini, ternyata beberapa menyebutkan bahwa surat Referensi Bank hanya bisa didapat di kantor cabang dimana ketika pertama kali membuka rekening. Tapi karena saat itu gue mencoba mengajukan di KCP Gedung Jaya dan ternyata dilayani dengan baik hati dan ramah oleh mbak Charis (makasih mbak Charis) sampe bolak-balik gue HAHAHA…
  • Slip Gaji
  • SPT PPH-21 (Form 1721-A1)
  • Printout Itenary, Tiket PP, booking homestay. Hasil googling mengatakan bahwa dokumen ini tidak wajib karena kedubes Korea Selatan sendiri pun menyarankan untuk tidak membeli tiket dahulu. Tapi namanya juga tiket promo sehingga gue pun melampirkan sebagai bukti kuat gue bakal balik ke Indonesia tercinta. Tapi ada kasus juga dimana ketika dilampirkan malah dibalikin oleh petugasnya. Tapi kasusnya gue tidak dibalikin.

Pengajuan Aplikasi Visa

Tanggal 8 Agustus 2016 gue pun berangkat dari rumah menuju kedubes. Walaupun saat itu cuaca sedang galau alias hujan gerimis, tidak menyurutkan niat gue untuk berangkat. Setelah melewati macet, nyasar, hujan hingga insiden kecil dimana terjadi sedikit kecelakan kecil gue pun sampai di Kedubes Korea Selatan yang berada persis disebelah rumah sakit Medistra pada pukul 09:15.

antrian pengajuan visa korea selatan

antrian pengajuan visa korea selatan

suasana ruang tunggu kedubes Korea Selatan

suasana ruang tunggu kedubes Korea Selatan

Langsung saja gue mengambil nomor antrian dari seorang petugas keamanan. Loket yang dibuka ada 4 loket. 3 loket dibuka untuk pengurusan mandiri dan 1 loket untuk jasa travel agen.

tanda bukti setelah pengajuan visa Korea Selatan

tanda bukti setelah pengajuan visa Korea Selatan

15 menit pun berlalu kemudian nomor antrian gue dipanggil, langsung saja gue menyerahkan dokumen gue dan temen-temen gue untuk diperiksa dan membayar Rp. 544.000 (saat kurs dollar sedang turun) x 3 orang.

Kemudian gue pun pulang dengan hati senang karena telah menyelesaikan tahap awal dari pengajuan visa Korea Selatan :senang:

Pilihan bahasa pada halaman online checking visa korea selatan

Pilihan bahasa pada halaman online checking visa korea selatan

Hari-hari pun berlalu, gue pun selalu melakukan pengecekan status visa gue. Kita tidak perlu menelepon untuk bertanya status visa kita. Kita dapat melakukan online checking pada website Visa Korea Portal.

Pilih English sebagai bahasa. Pilih Type of Application : Diplomatic Office dan Select : Passport No. lalu masukkan Informasi kita. Untuk nama, gunakan nama belakang terlebih dahulu, baru nama depan. Nanti hasil akan terlihat di website tersebut.

status visa Koera Selatan received

status visa Koera Selatan received

status visa Korea Selatan setelah approved

status visa Korea Selatan setelah approved

Ketika aplikasi visa Korea Selatan masih diproses maka statusnya adalah Application Received, kemudian berubah menjadi Approved ketika passport sudah resmi mendapatkan disetujui. Itulah hasil yang gue dapatkan ketika melakukan pengecekan pada hari kamis 11 Agustus 2016 dimana salah satu kebahagiaan paling polll maksimal karena selesai juga misi pengajuan visa Korea Selatan ini yang bikin baperan :semangat:

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q : Apakah pembuatan Visa Korea dapat diwakilkan?

A : Tentu saja bisa jadi disarankan buat yang berada jauh dari Jakarta, lebih baik melalui jasa travel agen.

Q : Passport kosong, apakah bisa tembus visanya?

A : Hasil baca-baca, tentu saja bisa asalkan dokumen prasyaratnya lengkap dan menyakinkan bahwa kita akan pulang ke negara tercinta kita ini. Tapi disarankan minimal punya stempel negara ASEAN. Gue sendiri hanya punya Singapore, Malaysia dan Thailand.

Q : Berapa minimal saldo ditabungan?

A : Rumusnya Rp. 1.500.000 x masa tinggal = saldo tabungan. Tapi ada baiknya pengeluaran selama 3 bulan terakhir sebelum pengajuan visa dijaga alias jangan boros. Dan berikan transaksi aktif selama 3 bulan tersebut. Artinya terdapat debit dan credit dalam transaksi tersebut sehingga memperlihatkan bahwa rekening kita itu sehat. Dan paling penting, jangan ada dana siluman H-1 bulan sebelum pengajuan visa :evilmirk:

Q : Belum atau tidak bekerja, bukti keuangannya bagaimana ya?

A : Di aplikasi visa Korea Selatan, ada pertanyaan mengenai sumber dana alias sponsor. Jika tidak bekerja, bisa diisikan nama Suami/Orang Tua/Saudara. Kemudian menyertakan bukti keuangan sesuai nama sponsor tadi.

Q : Tiket pesawat, bukti penginapan dan itinerary perlu dilampirkan?

A : Dari website kedutaan Korea Selatan memang tidak menyebutkan. Tapi jika kebetulan sudah punya tiket pesawat karena faktor tiket promo maka tidak ada salahnya melampirkan. Bukti penginapan juga boleh melampirkan bukti konfirmasi dari booking.com atau airbnb. Begitu halnya dengan itinerary.

Q : Surat referensi bank apakah wajib?

A : Emang sih ini salah satu dokumen opsional apakah kita mau melampirkan atau tidak. Karena beberapa kasus yang gue baca, surat ini biasanya didapat dari KCP pertama kali membuka rekening. Malahan bank sebelah ada yang mengharuskan mempunyai deposit sebesar 50jt dulu. Balik lagi tergantung KCP ingin membantu atau tidak. Kasusnya temen gue, kebetulan mereka tidak melampirkan dan ternyata tidak masalah karena mereka memberikan dokumen pelengkap lainnya

Q : SPT hilang, bagaimana dong?

A : Ini menurut gue dokumen kritikal banget. Sangat disarankan untuk melampirkan dokumen ini jika masih ada. Tapi jika apes-apesnya hilang, menurut gue coba tanyakan ke bagian HR kalian apakah masih menyimpan softcopynya. Tapi kemarin temen gue kebetulan SPT nya hilang dan dia pun emang tidak melampirkan tapi lolos2 aja dengan catatan melengkapi dokumen pendukung lainnya.

Q : Mau tanya-tanya yang lain?

A : Bisa banget, via comment dibawah

Akhir kata semoga beruntung untuk teman-teman yang sedang berjuang dalam pengajuan visa Korea Selatan. Hwaiting! :hore:

Related Posts
Comments ( 191 )
  1. bee
    July 25, 2017 at 6:51 pm
    Reply

    tanya dong..kalo semisal spt hilang dan ngga ada back up dari hrd masih bisa pengajuan ngga ya??apa ada dokumen pendukung lain yang bisa digunakan untuk mengganti spt??

    • Sean Young
      Sean Young
      July 25, 2017 at 10:29 pm
      Reply

      Bisa kok tanpa SPT juga gpp. Kemaren teman sempat kasusnya kek kamu tapi lolos lolos aja.

  2. nadh
    July 20, 2017 at 2:07 pm
    Reply

    Hi Kak,

    Di paspor ku tertera 3 nama tapi di KTP, KK, Sama Akte itu cuma 2 nama. Karena waktu itu saran dari imigrasinya biar kalau suatu saat mau umroh jadi gampang. Lalu, baru aja kemarin aku mengajukan untuk perpanjangan paspor jadi e paspor tapi kata pihak imigrasinya agak ribet kalau mengganti nama di halaman depan. Yang mau ku tanyain:

    – Kira-kira akan dipermasalahkan ga ya kalau namaku di paspor dan di 3 dokumen lain (KTP, KK, Akte) berbeda ? apa harus pakai surat ganti nama?

    – Untuk Surat Keterangan kerja dari kantor lebih baik menggunakan nama di paspor (3 nama) atau nama asli (2 nama) ? Karena akan dicantumkan juga no. paspornya di surat tsb.

    – Nama di tiket pesawat harus sama dengan nama di paspor atau bisa nama asli?
    Mohon bantuannya.
    Terima Kasih

    • Sean Young
      Sean Young
      July 22, 2017 at 4:05 pm
      Reply

      nama di tiket harus sama dengan nama di paspor karena paspor itu dokumen yang dijadikan acuan selama bepergian di luar negeri. Jadi lebih baik namanya mengikuti yang di KTP, KK dan Akte jika melakukan perpanjangan paspor.

  3. Apni
    July 9, 2017 at 4:07 pm
    Reply

    Sore kak..
    Bole minta contoh srt keterangan kerjanya…
    Bs di email ke up_nie@yahoo.co.id
    Makasi

    Maaf capslocknya error jd pk hrf bsr

    • Sean Young
      Sean Young
      July 9, 2017 at 4:16 pm
      Reply

      Surat keterangan kerjanya kamu bisa minta company tempat kamu bekerja untuk membuatkan. Saya waktu itu juga request ke bagian HRD saya untuk formatnya.

  4. Ian
    June 20, 2017 at 11:34 am
    Reply

    numpang tanya, kalau untuk rekening koran bisa pake rekening perusahaan ga? atau harus pribadi? soalnya yang mau liburan kesana tuh manajer saya. :desperate:

    • Sean Young
      Sean Young
      June 22, 2017 at 10:08 pm
      Reply

      kalo untuk urusan liburan jelas harus pake rekening pribadi dong.

  5. revi
    June 15, 2017 at 3:21 pm
    Reply

    halo ka, mau tanya dong..
    utk spt tahunan itu.. kalo sptnya nihil karena di bawah ptkp juga tetep di lampirkan aja? atau bikin surat keterangan tidak punya spt?

    • Sean Young
      Sean Young
      June 15, 2017 at 8:58 pm
      Reply

      Iya, SPT nya dilampirkan aja. SPT yang dikasih dari company kamu ya.

  6. Lorenzo
    June 7, 2017 at 2:21 pm
    Reply

    nice post… sangat membantu…

    btw boleh minta contoh surat keterangan kerja & surat sponsor dari orang tua?

    rencana mau apply visa d4 (study bahasa).

    • Sean Young
      Sean Young
      June 7, 2017 at 9:29 pm
      Reply

      Maaf, surat keterangan kerja itu dikasih dari kantor (isinya sih cuma menyampaikan bahwa karyawan di perusahaan apa dan kesana cuma untuk liburan dan akan balk lagi ke Indonesia) dan surat sponsor dari ortu juga gak punya bro.

  7. Santy
    May 23, 2017 at 7:31 pm
    Reply

    Hi mau tny donk, saya dan tmn2 saya ber6 ngajuin visa korea via agen, tadi saya sempat cek di web status visa saya tapi yang bisa dicek hanya atas nama salah satu teman saya dan statusnya diapproved,apakah kalau dia diapproved berarti semuanya diapproved soalny kalau saya cek dengan ketik nama dan passport saya atau teman saya yg lain tidak keluar, hanya nama teman saya itu saja.thanks

    • Sean Young
      Sean Young
      May 23, 2017 at 9:53 pm
      Reply

      Halo Santy, Saya belum pernah apply lewat agen tapi kemaren2 juga sempat apply manual 1 group 3 org dan emang masing2 bisa dicek statusnya. Kemaren malah temen ada yg pending pdhl yang lain udah approve semua.

  8. Yulia Gunawan
    May 16, 2017 at 9:09 pm
    Reply

    Hi kak~ aku mau nanya di formulir visa kan ada family name,itu maksudnya nama depan atau belakang?
    Terima kasih 😊

    • Sean Young
      Sean Young
      May 16, 2017 at 11:10 pm
      Reply

      Hi Yulia, tergantung nama. Kalo org Indonesia nama family biasanya dibelakang contohnya Sean Young Ganteng dimana Ganteng itu nama family. Kalo org Indonesia keturunan Chinese biasanya nama family nya didepan contohnya Lim Sean Young dimana Lim itu nama family. Tinggal disesuaikan saja ya :)

  9. YolanDA
    May 15, 2017 at 12:03 am
    Reply

    :siul: Halo Sean. Aku ada rencana mau ke Korea libur lebaran nanti, dan mau coba ngurus visa mulai sEkarang. Keburu ngga ya? Rencana Aku mau pake sponsor pacarku seNdiri yang jadi penjamin (kebetulan dia Warga negara Korea) bisa kah? Terus syarat-syarat buat Penjamin apakah? Makasih sebelumnya yaa

  10. sherlly
    May 11, 2017 at 4:28 pm
    Reply

    Hi sean mau nanya,
    Saya lihat salah satu syaratnya adalah bawa paspor lama
    Kebetulan paspor lama saya ga tau hilang dimana dicari2 ga ada
    Apakah bisa apply visa tanpa membawa paspor lama?
    Kebetulan di paspor lama saya juga kosong ga ada visa apa2 semua visa saya di paspor baru saya. Apakah dengan tidak di kasi paspor lama akan mempengaruhi penilaian?
    Dan spt saya tertulis sebagai usaha freelance dengan pemasukan per tahun 72jt tp saya sekarang kerja sama abang saya sebagai jaga toko makanya ga ada SIUP dan laporan spt tidak tercantum sebagai karyawan. Jadi nanti pemasukan data apakah dengan memakai status karyawan saja atau usaha freelance? Mohon pencerahannya thanks.

    nb : saya tidak tau kenapa capslock semua mohon maaf

    • Sean Young
      Sean Young
      May 11, 2017 at 11:30 pm
      Reply

      Hi Sherlly, sebenarnya kalo paspor kosong buat apa juga sih dilampirkan. Kamu bisa lampirkan link yang kamu baca kalo paspor kosong dilampirkan? Jujur sih menurut saya gak perlu. Toh kosong juga. Kalo kamu pernah lapor SPT dimana kamu punya usaha freelance, mending kamu masukin data sebagai freelance. Karena kamu statusnya pernah lapor pajak juga. Intinya mereka cuma mau cek aja kamu penghasilan per tahun berapa sama kek karyawan juga. Usaha freelance memang penghasilannya tidak menentu dan mereka juga tidak seketat itu. Kan mereka juga lagi gencar-gencarnya memajukan pariwisata mereka sendiri.

  11. Yanita
    May 7, 2017 at 2:59 pm
    Reply

    Halo maU tanya, untuk pembuatan visa bisakah lima orang diwakilkan oleh satu orang? karena yang bisa cuti hanya saya sedang teman teman yang lain saving jatah cuti utk perjalanan kita ke Korea. Lalu saya hanya pegawai kontrak di perusahaan, tidak punay SPT PPH 21, tapi bulan lalu saya inisiatif lapor SPT sendiri berdasarkan pendapatan saya, bisakah saya melampirkan bukti penyampaian/ penerimaan spt atau saya tetap buat surat tidak punya spt?

    • Sean Young
      Sean Young
      May 11, 2017 at 11:24 pm
      Reply

      Halo Yanita, tentu saja bisa diwakilkan. Waktu itu saya mewakilkan teman saya juga dan diterima. Aneh juga karyawan kontrak tidak punya SPT PPH 21. Trus kamu bayar pajak sendiri dipotong perusahaan atau bayar sendiri? Kasusnya rumit, karena kalo kamu bohong alias bikin surat tidak punya SPT nanti kalo dicek malah kamu ada lapor pajak. Saran saya, kamu bilang aja tidak punya form PPH 21 tapi kamu tetap lapor pajak karena perusahaan kamu tidak memberikan form PPH 21

      • Yanita
        May 29, 2017 at 9:16 am
        Reply

        Saya tidak punya spt karena masih pegawai kontrak/honorer, sedang yang mempunyai spt hanya pegawai pns di tempat saya kerja. bulan maret lalu saya lapor spt sendiri berdasarkan slip gaji saya, karena kebetulan nihil juga jadi cuma lapor saja, bolehkah tetap melampirkan bukti penerimaan yang ada di email saya? lalu saya rencana berangkat pertengahan agustus, jika mulai apply visa dibulan juni apakah terlalu dini? terimakasih atas responnya

        • Sean Young
          Sean Young
          May 29, 2017 at 9:41 am
          Reply

          Hi Yanita, kalo saran saya pribadi kamu lampirkan aja gpp, trus buat jaga2 kamu lampirkan juga surat tidak punya SPT. Jadi pas kamu submit, kamu coba tanya lebih jelas sama petugas disana. Untuk rencana apply skrg tidak ada masalah kok.

          • Yanita
            June 5, 2017 at 7:27 am

            terimakasih atas sarannya. saya akan mengajukan visa tanggal 9 juni. semoga di approve biar bisa summer in seoul :sip:

  12. Regita cynthia
    May 1, 2017 at 2:06 pm
    Reply

    kak aku kan masih pelajar sma kelas 11 mau bikin visa tp belum ada ktp sama npwp. selain surat keterangan dari sekolah dan rekening orang tua apa lagi ya syarat yg harus dipenuhi? terima kasih

    • Sean Young
      Sean Young
      May 1, 2017 at 8:15 pm
      Reply

      Hi Regita, dari list dokumen yang harus dilampirkan coba kamu cek dokumen mana saja yang kamu bisa lampirkan. Dari sana harusnya cukup untuk syaratnya. Tidak banyak beda kok untuk dokumen yang harus dilampirkan between Student and Worker. Hope it helps.

  13. AYu bella Sari
    April 26, 2017 at 1:39 pm
    Reply

    Haloo ka sean,
    ka rencananya aku inin berlibur ke korsel, tp masalahnya aku galau mikirin visanya,
    karena beberapa persyaratann seperti cap negara lain aku belum pernah sama sekali,
    dan utnuk seperti member golf pr member hotel berbintang aku sama sekali tdk memilikiny kaa. artnya aku masih fresh sekali dan holiday pertama ingin sekali ke korsel, bisa advice nya ka apa kah masih bisa kemungkinan visa ku appv ya ka?t trims

    • Sean Young
      Sean Young
      May 1, 2017 at 8:06 pm
      Reply

      Hi Ayu,
      Pernah baca pengalaman org kalo paspor nya ada yang masih kosong pun tetep tembus. Kalo untuk member golf itu opsional alias kalo tidak punya gak perlu dilampirkan. Saya juga tidak melampikan krn emang gak punya. Intinya kamu lengkapin dokumen yang bisa kamu lengkapin + uang tabungan kamu cukup. Good luck ya

  14. melanie
    April 18, 2017 at 8:03 pm
    Reply

    Hai kak, mau nanya dong, aku ada rencana jj ke korea nih dengan ibu. saya sendiri gak punya spt dan gak punya npwp ( bisa pakai keterangan tanpa spt ? kakak ada contohnya gak ? tolong di emailkan dong )trus untuk pengajuan visa ibu, kalau saya sebagai sponsornya bisa gak ? apa perlu memakai rekening koran dan referensi bank lagi ? atau perlu surat keteragan lain dari ayah ? soalnya ayah ada npwp serta spt tapi tidak ada rekening tabungan. kakak ada solusinya ? sebelum dan sesudahnya tq kak. : D

    • Sean Young
      Sean Young
      April 22, 2017 at 8:01 pm
      Reply

      Hai Melanie, kalo kamu sponsor utamanya, kamu buat surat sendiri aja bahwa Ibu kamu sponsornya dari kamu dengan melampirkan rekenng koran kamu.

  15. Meina
    April 18, 2017 at 10:35 am
    Reply

    Hai Kak, Mau tanya dong, aku ada rencana jj ke korea ni dengan ibu, tapi aku gak ada spt, boleh minta contoh form pernyataan bebas SPT gak ? minta di email ke me_cloud9591@live.com trus ibu kan status rumah tangga, biaya perjalanannya sponsor dari saya ( kakak ada contoh suratnya juga? ), apakah ibu perlu melampirkan rekening koran dan referensi bank ? trus perlu buat keterangan saya sebagai sponsor perjalanan ibu, trus apa perlu melampirkan surat nikah juga ( tidak punya ) dan apa perlu surat pendukung atau surat yang lain dari ayah ? ayah punya spt tapi tidak ada tabungan, sebelum dan sesudahnya terima kasih kak.

    • Sean Young
      Sean Young
      April 22, 2017 at 7:53 pm
      Reply

      Hai Meina, kalo kamu sponsor utamanya, kamu buat surat sendiri aja bahwa Ibu kamu sponsornya dari kamu dengan melampirkan rekenng koran kamu.

  16. Fitri
    April 17, 2017 at 3:19 pm
    Reply

    Hai kak, mau tanya dong..
    urus visanya baiknya berapa bulan sebelum berangkat ya?
    soalnya rencana urus visa dulu baru beli tiket.
    takutnya udah beli eh visanya di reject.
    trims

    • Sean Young
      Sean Young
      April 22, 2017 at 7:35 pm
      Reply

      Hai Fitri, sebenarnya sih gak ada untung atau ruginya apply visa buru2. Toh amit2 kereject juga harus tunggu 3 bln baru bisa apply lagi. Kalo saran saya pribadi sih, H-2 bulan sebelum keberangkatan karena biar ada buffer kalo misalnya kita sibuk pas H-1 bulan sebelum keberangkatan.

  17. PricIlia
    April 14, 2017 at 2:27 am
    Reply

    hAI sean ,
    Saya boleh minta Contoh surat keterangan tidak memPunyai spt ? Boleh kirim ke email Saya , makasih sean sebelumnya

  18. lya
    April 10, 2017 at 11:45 am
    Reply

    hallo mas, boleh minta contoh untuk surat pernyataan tdk melampirkan spt pph 21? kalo boleh email ke natallya12.nl@gmail.com
    terimakasih:)

  19. Liyana
    April 9, 2017 at 6:24 pm
    Reply

    Hallo ka, makasih yaah infonya.
    Saya mau tanya kan saya di outsourching, pemotong pph 21 saya dr pihak outsourching saya sedangkan bisa engga yah kalo surat keterangan kerja saya pakai kop surat dr kantor penempatan saya kerja ?
    Mohon bantuannya ka :)

    • Sean Young
      Sean Young
      April 9, 2017 at 7:28 pm
      Reply

      Halo Liyana, emangnya perusahaan pihak outsourcing nya gak mau keluarin surat keterangan kerja ya? soalnya nant di spt pajak kamu kan terdaftar atas nama perusahaan pihak outsourcing. Bukan client kamu.

      • Liyana
        April 9, 2017 at 10:22 pm
        Reply

        Iyaaa ka terkendala dr pihak outsourcingny agak sulit mengeluarkan surat keterangan kerja, berarti alangkah baiknya memang yg mengeluarkan dr pihak outsourcing yah ? :)

  20. Kania
    April 3, 2017 at 6:35 am
    Reply

    Kakak, terima kasih untuk semua penjelasannya.. Membantu banget ^^ aku rencana mau ke korsel akhir bulan ini. Mendadak sih karena kebetulan undangan dari korea juga mendadak. Boleh gak kak kalo aku minta format surat keterangan gak punya spt? Terima kasih ya ^^

  21. Setyorini
    April 2, 2017 at 7:05 pm
    Reply

    Hi…boleh minta tolong diemaio surat keterangan tidak mempunyai sptnya. Trims yaa..

  22. aya aulia
    March 30, 2017 at 5:16 pm
    Reply

    haii kak salam kenal boleh gak aku minta surat keterangan tidak memiliki SPTnya juga?? makasiih ya kak

  23. Deli Rahma
    March 28, 2017 at 1:18 pm
    Reply

    hai ka .. makasih artikelnya.. udah baca dari ittinary sampe proses buat visa, lengkap deh :sip:
    boleh saya minta juga surat ket ga punya sptnya ka.. tolong di emailin ya ka :terimakasih2:
    oia kalo mau ngajuin visa bagusnya berapa bulan sebelumnya ya? plan saya brangkat akhir sep bsk (28sep – 04okt). makasih

    • Sean Young
      Sean Young
      March 28, 2017 at 9:38 pm
      Reply

      Hi Deli, thank you. Pengajuannya paling ideal H-2 bln sblm keberangkatan. Tp H-1 bln juga gpp. Cek email

  24. WIwid
    March 28, 2017 at 7:41 am
    Reply

    Hai sean, aku mau tanya dong. Kalo ada perbedaan 1 huruf, jadi nama di paspor dan ktp berbeda, tapi nama paspor dan akta lahir sama. Kira-kira itu akan jadi masalah gak ya? Atau perlu melampirkan apa lagi? Thank you :)

    • Sean Young
      Sean Young
      March 28, 2017 at 9:25 pm
      Reply

      Hi Wiwid, tergantung negaranya. Baca2 kalo masuk singapore bisa kena tolak masuk negaranya. Itu beberapa tahun lalu. Gak tau sekarang ya. Lagi apes aja itu sampe kena random check KTP. Biasanya lihat passport doang cukup.

  25. Chro
    March 25, 2017 at 8:43 am
    Reply

    Haloo ka.. ini yg lagi dicari cari banget. Alhamdulillah ada. Ka boleh minta surat keterangan tidak punya spt? Makasih ya ka sebelumnya :happy:

  26. era fox
    March 23, 2017 at 6:05 pm
    Reply

    maaf gan ane masih pemula boleh minta form surat keterangan tidak punya spt maklum gan baru mau cari pengalaman

  27. MONICA ELISABETH
    March 23, 2017 at 9:16 am
    Reply

    HI ko sean, boleh minta contoh untuk surat pernyataan tdk melampirkan spt pph 21? kalo boleh, boleh email ke monica_elisabeth02@yahoo.com
    KAMSAHamnida:)

  28. heyvani
    March 22, 2017 at 10:20 pm
    Reply

    Malam kak sean, apabila berkenan boleh minta tolong dikirimkan contoh surat pernyataan tidak melampirkan spt ke msvanieka@yahoo.com? terima kasih banyak :)

  29. heyvani
    March 22, 2017 at 10:20 pm
    Reply

    Malam kak sean, apabila berkenan boleh minta tolong dikirimkan contoh surat pernyataan tidak melampirkan spt pph 21 ke msvanieka@yahoo.com? terima kasih banyak :)

  30. NITA
    March 21, 2017 at 10:43 am
    Reply

    beruntung banget nemu ini blog :hoho:
    haai kak, aku juga boleh minta surat keterangan tidak memiliki SPT gak? Tolong kirimin ke emailku yaa NITADIAN25@GMAIL.COM
    terima kasih banyak sebelumnya :happy:

    • Sean Young
      Sean Young
      March 22, 2017 at 2:01 pm
      Reply

      cek email ya

  31. Ratih
    March 21, 2017 at 10:14 am
    Reply

    Hi mau tanya dong.. dulu saya bekerja di tempat lama g ad pemotongan spt krn usaha kakek.. kemudian baru2 ini pindah dan sudah punya npwp namun spt tidak punya krn blm bs buat.. dr kntor sudah beri surat ket. Kerja dan tabungan jauh dr cukup utk ke korea.. apakah perlu sponsor keluarga lg?

    • Sean Young
      Sean Young
      March 22, 2017 at 1:47 pm
      Reply

      Hi Ratih, kalo tidak punya SPT, bikin surat keterangan tidak punya SPT saja. Kalo dirasa tabungan cukup, pake sponsor pribadi loh.

  32. Afni
    March 20, 2017 at 3:50 am
    Reply

    Kak boleh mnta surat keterangan tidak memiliki spt gx??kalo boleh tolonh di emailkan ya kak… Mf ini bukan sngaja tulisannya bgni..memang gx mau huruf kecill…makasih kak

    • Sean Young
      Sean Young
      March 20, 2017 at 8:55 pm
      Reply

      cek email ya

      • NITA
        March 21, 2017 at 10:45 am
        Reply

        HAI KAK. AKU JUGA MINTA YAA KAK

  33. Rizca
    March 19, 2017 at 10:40 pm
    Reply

    haii kak mau tanya rencana aku dari kantor akhir bulan april nanti mau ke korea,cuma kendala nya travel agen aku minta Syarat melampirkan akte kelahiran. Sedangkan akte aku kan hilang masih dalam proses Pembuatan keburu ga ya kira2 kalo sebulan sebelum keberangkatan baru ngajuin visa nya ?
    Atau ada Cara lain ka untuk akte kelahiran yg hilang ?

    • Sean Young
      Sean Young
      March 19, 2017 at 10:52 pm
      Reply

      Hi Rizca, 1 bln sebelum keberangkatan juga masih bisa apply kok. Tidak melampirkan akte kelahiran juga tidak ada masalah, cuma kalo kamu lewat travel agent, no comment deh. Kalo kamu apply sendiri masih bisa.

  34. marshella
    March 17, 2017 at 4:39 pm
    Reply

    hai kak, blognya membantuuu. aku mau nanya pliss.
    kalau misalnya aku ga pake rekening koran, tp yg aku kasih itu fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir. itu bisa gak yah?
    sama kartu keluarga perlu dibawa yg asli dulu atau enggak yaa?
    makasih banyak :D

    • Sean Young
      Sean Young
      March 17, 2017 at 9:07 pm
      Reply

      Halo Marshella, Rekening koran disini adalah rekening tabungan nasabah kepada bank. Tidak perlu bawa yang asli untuk Kartu Keluarga.

  35. amalina
    March 15, 2017 at 4:23 pm
    Reply

    Hai Kak boleh minta contoh untuk surat pernyataan tdk melampirkan spt pph 21 ke email amalinanida@gmail.com? terimakasih

    • Sean Young
      Sean Young
      March 16, 2017 at 10:01 am
      Reply

      cek email ya

  36. Paula
    March 15, 2017 at 8:19 am
    Reply

    Hi sean ,,,nanya ya,,,
    Status saya cerai dan punya usaha sendiri,,,di kk saya yg menjadI kepala kel saya sendiri dan 2 org anak saya,,,mau nanya surat sponsornya bagaimana ya?
    Makasih sebelumnya….

    • Sean Young
      Sean Young
      March 15, 2017 at 10:58 am
      Reply

      Hi Paula, menurut saya sih sponsornya kamu pribadi dan jelas mencantumkan surat keterangan bahwa kamu punya usaha sendiri.

  37. JianY
    March 13, 2017 at 11:51 pm
    Reply

    :victory: Hi sean.. Misalkan saya Tahun lalu pernah ke korea tapi waktu itu bareng ibu saya jadi pake surat sponsor/rek ibu saya.. skrg ada rencana ke korea sendiri dan Ingin pake Tabungan saya sEndiri. Saya saat ini cuma usaha onlineshop. Pertanyaan saya; 1) Apa perlu surat keterangan kerja? 2) Apakah bisa disponsori ibu saya juga pake spt21 milik ibu saya(ibu saya pegawai negri) Tapi rek tabungan punya saya sendiri?

    • Sean Young
      Sean Young
      March 14, 2017 at 8:07 am
      Reply

      Hi JianY,
      1. Kalo pake rek sendiri mesti melampirkan status pekerjaannya biar pihak kedubes tahu aliran dananya dari mana. Kalo buka online shop, buat surat pernyataan bahwa kamu mengelolah sebuah online shop.
      2. Kalo pake sponsor Ibu kamu, maka rek nya pake punya Ibu kamu dan wajib melampirkan SPT karena status Ibu kamu yang bekerja.

  38. mega
    March 13, 2017 at 10:51 am
    Reply

    ka boleh minta contoh untuk surat pernyataan tdk melampirkan spt pph 21? terima kasih :terimakasih2:

    • Sean Young
      Sean Young
      March 13, 2017 at 11:29 pm
      Reply

      cek email ya

  39. Fatimah
    March 11, 2017 at 12:00 pm
    Reply

    hAI KAK SEAN, TERIMA KASIH INFONYA.
    KAK, KALAU KE KOREA HANYA 4 HARI SALDO AMAN TABUNGAN KIRA- KIRA BERAPA YA? DAN ADAKAH JALUR BEBAS VISA UNTUK KE SEOUL, KOREA?
    MASIH AWAM BUAT VISA, BARU MAU PERTAMA KALI KE KOREA DAN SEMUA AKOMODASI DI BIAYAI SPONSOR.
    SAYA TUNGGU JAWabannya.
    terima kasih.

    • Sean Young
      Sean Young
      March 11, 2017 at 12:22 pm
      Reply

      Rumus nya ada di bagian FAQ.
      Ada 3 cara untuk dapat masuk ke Korea Selatan sebagai turis, tanpa perlu mengajukan visa :
      1. Jika sudah pernah mengunjungi Korea Selatan lebih dari empat kali dalam dua tahun terakhir atau jika sudah mengunjungi Korea Selatan lebih dari 10 kali.
      2. Berencana ke Korea Selatan sebelum atau sesudah mengunjungi salah satu dari negara berikut ini, yaitu AS, Canada, Australia, dan New Zealand.
      3. Berencana berlibur ke Pulau Jeju. Hanya Pulau Jeju saja.

  40. nina
    March 10, 2017 at 12:29 pm
    Reply

    tulisannya bagus, banyak ngasih info buat bikin visa :sip: Btw boleh minta contoh surat ket belum ada spt ga? :terimakasih2:

    • Sean Young
      Sean Young
      March 10, 2017 at 10:06 pm
      Reply

      thank you nina, cek email ya

  41. Refiana
    March 10, 2017 at 11:05 am
    Reply

    Sean blh the minta tlng bikinin Surat pernyataan tidak melampirkan spt gk? Pliss ntr email ke refiana.naftali@gmail.com ya mksh h2c nie mw APPLY VISA KOREA,
    :scare:
    :terimakasih:

    • Sean Young
      Sean Young
      March 10, 2017 at 10:09 pm
      Reply

      cek email ya

      • EUgene
        March 12, 2017 at 12:31 am
        Reply

        Kak Sean, saya jg mau dong surat pernyataan tidak ada SPT. Kalo boleh tolong kirim ke email saya ya. edgene.edgene@gmail.com

        Thankyouu

        • Sean Young
          Sean Young
          March 12, 2017 at 1:52 pm
          Reply

          cek email ya

      • Lili
        March 16, 2017 at 10:33 pm
        Reply

        Aku mau juga dong kak. Trimakasih:) :aha:

        • Sean Young
          Sean Young
          March 16, 2017 at 10:40 pm
          Reply

          cek email ya

  42. riska
    March 10, 2017 at 9:34 am
    Reply

    ka boleh minta contoh untuk surat pernyataan tdk melampirkan spt pph 21? kalo boleh,terima kasih ^^

    • Sean Young
      Sean Young
      March 10, 2017 at 10:05 pm
      Reply

      cek email ya

  43. rINAEKAVIANTY
    March 9, 2017 at 8:09 pm
    Reply

    hAI kA sEAN, Ka mau tanya dong visa aku kan status udah approved trus di tanda terima pengajuan visa perkiraan jadi jumat tanggal 10 maret 2017, menurut ka sean kalo aku ambil besok sesuai dengan tanggal yang di tanda terima visa kita udah pasti jadi kan ya? atau enak nya aku ambil di hari senin? mohon sarannya. terimakasih

    • Sean Young
      Sean Young
      March 9, 2017 at 9:37 pm
      Reply

      Hai Rina, bsk kamu ambil juga bisa kok jadi tidak perlu nunggu hari senin. Waktu itu saya pengajuan senin dan direceipt diminta balik buat pengambilan visa hari jumat dan pas jumat kesana beneran sudah jadi kok.

  44. Tice
    March 6, 2017 at 11:01 pm
    Reply

    Kak klo blum pernah ke ln bisa apply ga ya? Minta contoh surat keterangan kerja n ga ada spt jg y kak
    Maaf y kak mintanya borongan heeee

    • Sean Young
      Sean Young
      March 10, 2017 at 10:22 pm
      Reply

      cek email kamu ya

  45. Nadia
    March 3, 2017 at 9:11 pm
    Reply

    hallo Sean… thanks sudah sharing info seputar aplikasi visa korea selatan.
    saya mau bertanya pada bagian details of sponsor & details of visit pada form aplikasi, tiket return saya dibelikan oleh teman saya di seoul dan saya tinggal di apartemen dia, apakah perlu dicantumkan details information teman saya itu di kolom details of sponsor & visit? teman saya ini bukan warga negara korea, dia warga negara asing yang bekerja dan tinggal di korea. tapi tujuan kunjungan saya berlibur dan bertemu teman saya juga.
    ada saran? Terima kasih ya :gongxi:

    • Sean Young
      Sean Young
      March 3, 2017 at 9:32 pm
      Reply

      Hallo Nadia, tiket disini sifatnya opsional. Tanpa tiket pun kamu masih ada kemungkinan diapprove krn tiket ini memang tidak diminta pihak kedubes. Saya sengaja lampirkan tujuannya biar lebih mantap aja. Malah pihak kedubes menganjurkan tidak membeli tiket dahulu karena jika amit-amit visa ditolak, gak rugi ditiket lah.

  46. Reva
    March 1, 2017 at 7:47 pm
    Reply

    Kak maaf kakak punya contoh surat sponsorship dari orang tua ngga yah kak? Kalo punya dan kakak berbaik hati saya mau minta

    • Sean Young
      Sean Young
      March 1, 2017 at 10:58 pm
      Reply

      Hai Reva, kalo sponsorship dari orang tua tidak perlu melampirkan surat kok. Kan di formulir visa Korea akan ditanya sponsornya dari siapa. Kamu tinggal tulis dari orang tua disertai rek orang tua dan dokumen pendukung lainnya.

  47. nina angela
    February 27, 2017 at 11:42 am
    Reply

    ka harus ada spt tahunan yaa itu penting yaaa????
    saya tdk ada sponsor bagaimana..saya mau ke korea karena dapat arisan.. gmna ya????

    • Sean Young
      Sean Young
      March 10, 2017 at 10:27 pm
      Reply

      wah, maap ninaa komen kamu keskip, SPT tahunan itu dokumen pelengkap, jadi boleh dilampirkan atau tidak terserah tapi kalo ada ya dilampirkan loh. Ya itu termasuk sponsor pribadi loh kalo dapat arisan kan uangnya punya kamu

  48. joan winona
    February 23, 2017 at 10:23 pm
    Reply

    halo:) boleh minta utk form surat ket bebas sptnya tdk? karna saya freelancer tdk mempunyai npwp ataupun slip gaji. terimakasih sblmnya ya

    • Sean Young
      Sean Young
      February 24, 2017 at 11:53 pm
      Reply

      cek email kamu ya

  49. Monica
    February 22, 2017 at 8:11 am
    Reply

    halo kak, saya mau tanya kan saya kerjanya sebagai guru honorer dan gaji saya tuh bisa di bilang ga sampai minimum wajib pajak otomatis saya belum punya spt. apa lebih baik saya lampirkan surat tidak punya spt? ada contohnya ga kak?
    saya juga mau lampirin rek sama spt ortu karena saya pribadi masih tinggal sama ortu dan baru kerja juni 2016. menurut kaka gimana?

    • Sean Young
      Sean Young
      February 22, 2017 at 6:56 pm
      Reply

      Halo Monica, jadi gini. Kalo sponsornya pake pribadi berarti kamu wajib melampirkan SPT tapi kalo kamu tidak punya SPT ya lampirkan loh surat keterangan. Tapi kalo sponsornya dari ortu, kamu harus melampirkan rek ortu dan SPT ortu kamu. Tapi gpp kok kalo kamu mau melampirkan rek kamu + rek ortu. Ini pendapat pribadi ya, soalnya melihat kedubes Korea Selatan ini terkesan tidak kaku juga karena memang mereka mau menarik turis sebanyak-banyaknya ke negera mereka. Jadi tidak mungkin dipersulit dengan catatan kamu tidak macam-macam alias cari kerja. hehehe. Semoga membantu :)

  50. Evhie Lin
    February 21, 2017 at 11:49 pm
    Reply

    hai ko, boleh minta form tidak memiliki spt nya tidak? blh tlg di email ke evhielin@gmail.com ? thanks yah..

    • Sean Young
      Sean Young
      February 22, 2017 at 6:41 pm
      Reply

      Hai Evhie, cek email kamu ya

  51. Dessita
    February 18, 2017 at 11:41 am
    Reply

    hallo mas..

    Saya mau tanya,
    Saya mau mangajukan Visa Korea dgn kondisi alamat KTP/Paspor berbeda dgn alamat tmpt tinggal sekarang?
    apakah hal ini mjd kendala/pertanyaan buat kedubes ya?

    (maaf Huruf kapital semua, krn dah di ganti ga bisa2)

    • Sean Young
      Sean Young
      February 18, 2017 at 3:24 pm
      Reply

      Hi Dessita, untuk case kamu saya kurang tahu sih, tapi kamu coba telp ke kedubes Korea saja untuk tanya masalah ini.

  52. Via
    February 18, 2017 at 2:27 am
    Reply

    HAi.. saya mau tanya, saat ini posisi saya sudah resign dari kerja, jadi ngga kan perlu lampirkan spt kan? Dan juga klo dibantu sponsor oleh orang korea yang tinggal disana langsung syarat2nya apa saja ya yang perlu saya lampirin? Apakah sy juga masih harus sertain rekening koran milik saya? Makasi sebelumnya :)

    • Sean Young
      Sean Young
      February 18, 2017 at 3:15 pm
      Reply

      Hi Via, kalo tidak bekerja sih memang tidak bisa melampirkan SPT loh. Namanya juga sponsor dari orang lain ya, dimana menyatakan dia akan bertanggung jawab atas kamu selama berada disana. Jadi menurut saya, tabungan, tempat tinggal perlu dilampirkan jadi rek kamu harusnya tidak diwajibkan. Tapi kalo kamu mau lampirkan juga tidak ada masalah :)

  53. rahsunrsn
    February 17, 2017 at 4:15 pm
    Reply

    EMAIL JUGA DONG SURAT KETERANGAN TIDAK PUNYA SPT NYA ! tapi surat keterangan ini cukup menjamin ga ya semisal dokumen lainnya sudah lengkap?

    • Sean Young
      Sean Young
      February 17, 2017 at 11:00 pm
      Reply

      kalo tidak punya SPT lampirkan, kalo punya tidak usah.

  54. Cahyani
    February 17, 2017 at 4:05 pm
    Reply

    Hi mas,

    makasih sharing info2nya. saya boleh minta CONTOH SURAT KETERANGAN TIDAK PUNYA SPT KAH?
    *MAAF CAPSLOCKNYA ERROR, BUKAN SENGAJA PAKAI CAPSLOCK :(*

    makasi sebelumnya mas

    • Sean Young
      Sean Young
      February 17, 2017 at 10:56 pm
      Reply

      cek email

  55. budi
    February 15, 2017 at 1:42 am
    Reply

    bro mau tanya kalau visa single itu bisa tinggal di korea max 90 hari kan ya? lalu tanggal terakhir mulai tinggal itu 90hr sejak visa approved ya? soalnya tadi browsing di web tour travel ada yg bilang lama tinggal di korea max 14 hari untuk visa single

    • Sean Young
      Sean Young
      February 15, 2017 at 9:37 am
      Reply

      halo bro, sampai saat ini saya tahunya single entry itu max 90. Tertulis juga kok di visanya. Mungkin bisa coba paste link yg masbro baca.

  56. lia
    February 12, 2017 at 10:50 pm
    Reply

    makasih ya kak untuk artikel nya membantu banget.
    aku mau tanya, saya statusnya baru lulus kuliah dan belum bekerja jadi saya pakai sponsor rekening dll pakai punya ibu.
    saya tidak perlu melampirkan rekening koran dan surat referensi bankk punya saya kan? karena saldo yg di rek saya kurang jadi saya hanya memakai rekening milik orang tua yang saldo nya cukup

    kalau seperti itu tidak apa” kah?

    • Sean Young
      Sean Young
      February 12, 2017 at 10:59 pm
      Reply

      iya, makasih juga sudah mampir. tidak apa2, kalo pake sponsor ortu ya rek korannya harus punya ortu loh.

      • lia
        February 12, 2017 at 11:00 pm
        Reply

        siapp, oia untuk di surat keterngan tidak punya spt berarti atas nama ibu saya juga ya kak?
        makasih ^^

        • Sean Young
          Sean Young
          February 12, 2017 at 11:14 pm
          Reply

          Iya atas nama orang yg punya tabungan…

          • lia
            February 12, 2017 at 11:20 pm

            terima kasih ya kak buat balasan” nya
            sukses selalu :)

  57. JEN
    February 12, 2017 at 2:23 pm
    Reply

    Kak kalau semisal saya mahasiswa tapi gak punya surat keterangan dari universitas (saya coba email tapi belum dibalas) itu bakal ditolak gak ya kak? Kalau persyaratan yanh lain mudah-mudahan gak ada masalah sih._.

    • Sean Young
      Sean Young
      February 12, 2017 at 2:30 pm
      Reply

      Hi Jen, tentu saja tidak. Status mahasiswa belum tentu kamu ditolak. Emang di univ kamu tidak ada bagian yang bisa memberikan surat keterangan mahasiswa? Semacam lembaga untuk informasi mahasiswa. Tapi memang kalo tidak ada, kamu lampirkan kartu mahasiswa kamu juga menurut saya OK.

  58. rara
    February 12, 2017 at 1:59 pm
    Reply

    kak saya kan jualan online…saya gak punya SPT + NPWP itu gmana ya kak + cara ya buat surat itu gimana ya kak

    • Sean Young
      Sean Young
      February 12, 2017 at 2:22 pm
      Reply

      Hi Rara, ya buat surat keterangan loh tidak punya SPT nanti saya email aja suratnya

      • lia
        February 12, 2017 at 10:28 pm
        Reply

        HAi kak aku boleh minta surat keterangan tidak memiliki spt gak? :)
        makasih

        • Sean Young
          Sean Young
          February 12, 2017 at 10:38 pm
          Reply

          cek email ya

  59. Cha
    February 11, 2017 at 12:43 pm
    Reply

    Kak.. saya mau bikin visa untuk acara gath dari kantor.. kalau rek bank saya kurang bagus tapi semua biaya ke korea ditanggung perusahaan itu gimana ya? Bisa loloskah?

    • Sean Young
      Sean Young
      February 11, 2017 at 3:08 pm
      Reply

      dulu pernah denger cerita juga tetep bisa kena tolak juga, tapi logikanya kalo ditanggung kantor harusnya 100% kena approve. Dicoba dulu aja dan lampirkan surat keterangan sponsornya dari company untuk acara gathering.

  60. Lady
    February 9, 2017 at 8:34 pm
    Reply

    Mo nanya ka ,,kalo selama application received terus qta dapat tlpn dari kedutaan ,itu kemungkinan besar pertanyaannya apa ya ka ,,?

    • Sean Young
      Sean Young
      February 9, 2017 at 8:49 pm
      Reply

      hi Lady, paling pertanyaannya seputar diminta melengkapi dokumen-dokumen yang tidak dilampirkan seperti yang saya sebutkan diatas.

    • Lady
      February 10, 2017 at 5:18 am
      Reply

      Kalo kemarin ka sempat Ada tlpn dari kedutaan sebelum approved gk,? ☺

      • Sean Young
        Sean Young
        February 10, 2017 at 7:42 am
        Reply

        kebetulan gak ada, jadi diapprove tanpa diminta melengkapi dokumen lagi ya karena saya juga lengkap kasih dokumennya. Tapi kemaren temen saya juga ada yg tidak melampirkan SPT (punya dia hilang bukan tidak punya SPT) dan tetep diapprove juga tanpa di telp.

  61. Tan
    February 5, 2017 at 11:23 pm
    Reply

    mas boleh minya surat ket belum ada spt ga ya ? saya baru bikin taun skrg soalnya :(

    • Sean Young
      Sean Young
      February 6, 2017 at 7:05 pm
      Reply

      cek inbox ya :)

  62. Yulian
    January 30, 2017 at 6:37 pm
    Reply

    klo kita dianjurkan tidak membeli tiket dulu, berapa lama sebelum rencana keberangkatan kita bisa mengurus visa? berlaku berapa lama? terima kasih

    • Sean Young
      Sean Young
      January 30, 2017 at 11:57 pm
      Reply

      visanya berlaku 3 bulan sejak visa diapprove dan waktu ideal apply visa adalah 2 bulan sebelum keberangkatan

  63. Karen
    January 30, 2017 at 9:14 am
    Reply

    Hi…saya kan rencana mau prg bln april, kalau sudah dpt keterangan kerja di perushaan yg bersngkutan apa harus pake surat sponsor juga ya, kan kita brgkt atas biaya sendiri, trs apakah siup jg wajib ya

    • Sean Young
      Sean Young
      January 31, 2017 at 12:03 am
      Reply

      hi Karen, sponsornya kita sendiri kalo atas biaya sendiri. SIUP itu tidak wajib karena saya sendiri hanya melampirkan surat keterangan kerja dari perusahaan.

  64. syamel
    January 26, 2017 at 10:10 am
    Reply

    gan tanya dong punya gue tulisan nya under review maksudnya apaan ya

    • Sean Young
      Sean Young
      January 26, 2017 at 10:30 pm
      Reply

      itu artinya masih direview gan, sabar aja ya, nanti berubah statusnya 3-4 hari sejak agan apply

  65. mien
    January 25, 2017 at 4:23 pm
    Reply

    mau tanya, kalau saya ibu rumah tangga dan tdk punya spt, untuk mengajukan visa korea minta contoh nya tidak punya spt , bisa di email. dengan dokumen yang lainnya dilengkapi dan tabungan yang mencukupi. terimakasih banyak sebelumnya

    • Sean Young
      Sean Young
      January 25, 2017 at 11:31 pm
      Reply

      cuma punya surat pernyataan saja dan sudah diemail ya. Dokumen lainnya seperti tabungan request ke bank dan pihak2 yang bersangkutan

  66. YASMIN
    January 24, 2017 at 6:40 pm
    Reply

    Mao tanya kalau suami saya wiraswasta yang ikut orang tua, apakah bisa menggunakan sponsor orang tua? Untuk surat keterangan kerja tidak masalah apabila menggunakan bahasa indonesia kan ya? Thanks

    • Sean Young
      Sean Young
      January 24, 2017 at 11:45 pm
      Reply

      tentu saja bisa. Cari aman aja mbak jadi surat keterangan kerja kasih format bahasa Inggris saja.

  67. Indra
    January 23, 2017 at 8:53 am
    Reply

    Hai, salam kenal… Mau nanya donk:
    1. SPT pph21 yang dilampirkan yang mana yah? kalo kantor saya tidak melakukan pemotongan, saya lapor pajak sendiri setiap tahun, saya melampirkan bukti pajak yang mana? 1770?
    2. Istri saya bekerja tapi tidak punya NPWP, lapor pajaknya digabung dengan saya setiap tahunnya, apakah istri saya melampirkan bukti pajak saya atau istri membuat surat pernyataan tidak punya npwp?
    3. saya dan istri bekerja di lembaga yang sama, dan gaji saya maupun gaji istri ditampung di rekening yang sama. apakah istri saya menggunakan sponsor (dalam hal ini saya sebagai suami) atau meng-copy referensi bank yang sama dengan saya?
    terima kasih atas infonya.

    • Sean Young
      Sean Young
      January 23, 2017 at 8:05 pm
      Reply

      1. PPh 21 itu yg lembar yang diksh sama kantor. Kan kalo biasanya isi pajak, kantor selalu kasih 1 lembar buat referensi isi pajak trus dilampirkan pas mau lapor pajak.
      2. Tidak punya NPWP ya berarti buat surat keterangan tidak punya NPWP. Tapi lampirkan juga keterangan didalam suratnya seperti yang masnya jelaskan di point 2
      3. Pendapat saya pribadi sih, copy referensi bank nya sama dengan suami karena status istri bekerja. Tapi harusnya tidak ada masalah karena statusnya memang suami istri. Yang penting saldonya cukup selama berada disana dan cukup ketika terjadi pengeluaran tidak terduga.
      Anyway, pertanyaan yang berbobot mas. Berasa kek biro jasa sayanya :shy:

  68. Eka Fifi Oktavia
    January 22, 2017 at 9:23 pm
    Reply

    hai KAK… BOLEH MINTA BANTUANNYA GA? KALAU KAKAK ADA FORM keterangan tidak MEMILIKI SPT, BISA DI EMAIL KE EKAFIFI88@GMAIL.COM ?? THANKYOU BEFORE
    #BTW SORRY TULISANNYA GEDE,BINGUNG JUGA KENAPA KOK CAPSLOCKNYA NYALA ^^

    • Sean Young
      Sean Young
      January 23, 2017 at 9:20 am
      Reply

      cek email.

  69. Fika
    January 17, 2017 at 8:13 pm
    Reply

    ada kemungkinan ditolak ga Ya gara-gara dana siluman 1 bulan terakhir? Karena emang itu dana numpang lewat, dan belum dipakai sampai dengan pengajuan visa, tapi udah keburu masuk Mutasi rekening.
    Semoga visaku lolos deh, udah mepet banget waktu nya soAlnya :crying:

    • Sean Young
      Sean Young
      January 17, 2017 at 8:24 pm
      Reply

      tergantung mbak, kalo nominalnya gede ya harap harap cemas, tapi kalo nominalnya biasa aja, should be okay :)

      • Fika
        January 17, 2017 at 8:29 pm
        Reply

        Semoga ketolong SPT deh. Hiks.
        Sama nanya juga mas, tertulis kan diambil tgl 12 ya kalo mas nya, tp Ngecek di tgl sebelum nya udah ada ya? Kira2 waktu ngecek nya 11 pagi atau sore?
        Thak youuuu

        • Sean Young
          Sean Young
          January 17, 2017 at 8:33 pm
          Reply

          biasanya mereka update siang mbak, kalo waktu itu saya saking penasarannya tiap 1 jam saya cek aja terus. Berhubung kurang kerjaan aja hahahaha
          Semoga lancar mbak visanya.

        • Elysia
          February 7, 2017 at 12:09 am
          Reply

          hAI MBAK MAU TANYA GIMANA KABAR VISANYA? AKU JUGA BESOK MAU AJUIN NIH DAN SAMA SENASIB ADA DANA SILUMAN NUMPANG LEWAT NIH :( TAKUT DEH GK DITERIMA.

          • Sean Young
            Sean Young
            February 7, 2017 at 8:02 pm

            percaya diri aja mbak dan jangan lupa commentnya jangan pake caps lock lagi ya mbak ;)

  70. Rifni
    January 13, 2017 at 12:21 pm
    Reply

    Hi, mau tanya dong. kalo misalnya saya sudah pernah ganti paspor karena masa berlaku habis dan stempel-stempel negara yang pernah dikunjungi ada di paspor yang lama, apakah paspornya harus difotokopi dua-duanya?

    • Sean Young
      Sean Young
      January 13, 2017 at 7:55 pm
      Reply

      halo rifni, iya, gpp fotocopy aja dua-duanya. Kemaren saya apply sama temen-temen juga ada kasusnya sama kayak kamu dan temen saya juga copy dua karena stempelnya ada di dua paspor tersebut.

  71. Nina
    January 12, 2017 at 11:38 am
    Reply

    Hai ka salam kenal. Aku mau tanya.. Kan nanti rencana mau ke korea sekitaran bulan oktober.. Nah saya kesana buat kunjungan keluarga yg kebetulan sedang kuliah di korea. Apa masih perlu menyertakan booking penginapan dsb karna selama saya disana penginapan dsb di sediakan saudara saya yg kebetulan sudah ada tmpat tinggal. Soal spt juga kalau ga ada gmna ya.. Oia apa ada kontak email atau lainnya yg bisa sya hubungin buat tanya2 hehe.. Trima kasih :)

    • Sean Young
      Sean Young
      January 12, 2017 at 8:50 pm
      Reply

      hi nina, comment yg caps locknya saya hapus ya :)
      tentu saja tetep perlu, kasih saja alamat dimana kamu menginap. SPT tidak ada buat surat keterangan seperti biasa.

  72. rena
    January 3, 2017 at 4:37 pm
    Reply

    hai mau tanya, untuk rekening tabungan apakah bisa rekening deposito yang diserahkan?

    • Sean Young
      Sean Young
      January 3, 2017 at 6:27 pm
      Reply

      halo rena, iya boleh dilampirkan juga, biar menyakinkan.lampirkan juga sekalian rekening tabungannya biar tambah yakin

  73. Clara
    January 3, 2017 at 1:07 am
    Reply

    Hallo kaa aku mau tanya. Kalau statusnya magang dan gak ada slip gaji atau pun spt mesti buat surat KETERANGAN tidak MEMILIKI spt ya? Buat sendiri atau dari TEMPAT bekerja dijelaskan? Lalu kalau sponsor nya dari ayah, apa perlu spt ayah juga dilampirkan? TERIMAKASIH SEBELUMNYA ka

    • Sean Young
      Sean Young
      January 3, 2017 at 7:45 am
      Reply

      Halo Clara, menurut saya kalo kamu magang itu artinya kamu bekerja sementara dalam periode tertentu. Jadi pake sponsor dari ayahnya saja dengan melampirkan SPT ayahnya dan tentunya buat surat keterangan tidak ada SPT juga

  74. ramadhan
    January 2, 2017 at 11:36 am
    Reply

    hai , mau tanya kira-kira habis berapa mulai dari pembutan visa,tabungan yang ada di rekening,berangkat,sampai kembali ke indonesia (semuanya) ? makasih

  75. reva
    December 29, 2016 at 10:50 am
    Reply

    kak kan saya sudah kerja tapi penghasilannya masih sedikit, nah kalau saya mengaku saya pengangguran dan jadi beban mamah saya dan mamah saya pun ikut bikin visa juga. menurut kakak kalau seperti itu bisa menjadi kendala saya dalam membuatan visa ngga yah kak? terimakasih kak

    • Sean Young
      Sean Young
      December 31, 2016 at 10:40 am
      Reply

      halo reva, menurut saya sih gak masalah asalkan mama kamu tabungannya cukup selama kamu dan mama kamu liburan disana.

  76. Asti
    December 29, 2016 at 12:23 am
    Reply

    hallo mas, boleh minta contoh untuk surat pernyataan tdk melampirkan spt pph 21? kalo boleh tolong e-mail ke astimalasari10@yahoo.com. Ini merupakan perjalan saya ke negara orang, kira” apa itu akan jadi pertimbangan ya ? thx mas sean

    • Sean Young
      Sean Young
      December 29, 2016 at 7:50 am
      Reply

      cek email ya. Pertimbangan banyak, kamu coba mulai dari wifi, colokan listrik, musim ketika kamu datang (biar gak salah kostum), makanan, tempat wisata, penginapan, transportasi itu harus kamu cari tahu terlebih dahulu. Kamu bisa klik ini sebagai referensi Pengalaman jalan-jalan ke Korea Selatan

  77. Mirna
    December 28, 2016 at 10:43 pm
    Reply

    halo mau tanya, rencana saya mau ke korea, kalau saya tidak bekerja dan perjalanan di sponsori kakak saya apakah bisa? berarti tidak perlu menyertakan spt atau sertakan spt punya kakak saya? terima kasih

    • Sean Young
      Sean Young
      December 29, 2016 at 7:44 am
      Reply

      Halo Mirna, Ya kamu bisa sertakan spt dr orang yg memberikan sponsor ke kamu.

  78. Dian
    December 23, 2016 at 3:32 pm
    Reply

    Hallo saya baca beberapa reveiew visa korea ada yg pake akta lahir, sebenernya perlu dilampirkan tidak ya? soalnya akta aku hilang, terimakasih

    • Sean Young
      Sean Young
      December 23, 2016 at 6:39 pm
      Reply

      Halo Dian, enggak kok, itu sifatnya opsional. Yang penting dokumen lain kamu lengkapin aja.

      • aklis
        December 28, 2016 at 9:25 am
        Reply

        Bos kenapa ya visa aku hampir 2 minggu belum keluar

        • Sean Young
          Sean Young
          December 28, 2016 at 9:28 am
          Reply

          coba ditelp aja ke kedubes tanya status visa kamu apa kok dah lama beeut.

  79. priscilia jurista
    December 20, 2016 at 11:45 am
    Reply

    HALO!
    SAYA BARU SAJA APPLY VISA KMAREN. SAYA GAK PUNYA SPT, TAPI MELAMPIRKAN SURAT KETERANGAN KENAPA GAK MENYERTAKAN SPT DITAMBAH SLIP GAJI 3 BULAN TRKHR.
    MUDAH2AN BISA LOLOS YA BIAR BISA BAGI PENGALAMAN JUGA.

  80. Fanny F Nila
    December 19, 2016 at 3:02 pm
    Reply

    Oalaahhh… Itu yg di klik diplomatic office toh.. Aku pikir itu malah visa utk diplomat :p. Pantesan dr kmrn mw cek visa koreaku ga muncul2. Aku milihnya visa application centre.. Duuh agak meriang nih mas, takut ga approve.. Sebelum ke korea, aku tuh k jepang dulu.. Visa jepang udh jadi.. Kepikiran kalo sampe yg korea declined, aku tpkaksa cari tiket pulang dr jepang dong -_-

    • Sean Young
      Sean Young
      December 19, 2016 at 6:35 pm
      Reply

      yg penting dokumen kamu lengkap, biasanya lancar2 aja kok hehehe. Semangat!

  81. Dania
    December 18, 2016 at 8:14 pm
    Reply

    hallo mas sean, boleh minta contoh untuk surat pernyataan tdk melampirkan spt pph 21? kalo boleh, boleh email ke dania.meidarosy@gmail.com
    terimakasih:)

    • Sean Young
      Sean Young
      December 18, 2016 at 8:36 pm
      Reply

      done. coba cek email

  82. andy wijaya
    December 15, 2016 at 5:37 pm
    Reply

    bole saya minta id line nya ? saya ingin menyaNYAKAN LEBIH BANYAK, TERIMA KASIH, ATAU BOLE ADD SAYA DI ANDZJJLIN, THX

    • Sean Young
      Sean Young
      December 15, 2016 at 9:23 pm
      Reply

      tanya disini saja mas, saya coba jawab sebisa saya :)

  83. Jen
    November 19, 2016 at 2:16 pm
    Reply

    ini pengumuman di website kedubesnya : http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/visa/issuance/index.jsp , hanya saja dia memang bilang kalau tidak mempunyai SPt menyertakan surat pernyataan yang menjelaskan alasannya. cuma ga tau alasan yang diterima bagi mereka yang gimana heheh

  84. Jen
    November 19, 2016 at 11:29 am
    Reply

    Hellow, mau tanya dong kak, saya mau bikin visa.. tapi kan sekarang harus menyertakan SPT. kalau orang tua tidak mau melampirkan sebaiknya bagaimana ya? apakah buat surat keterangan saja ? trims:D

    • Sean Young
      Sean Young
      November 19, 2016 at 11:34 am
      Reply

      halo jen, kamu sponsornya dari ortu ya untuk visa korea ini?
      sebenernya kemaren temen saya juga tidak melampirkan SPT (alasannya hilang) tapi karena syarat dokumen lain terpenuhi, makanya lolos2 aja.
      Saran saya sih kamu siapin dokumen pendukung lainnya dan buat surat keterangan juga. nanti pas di loket kedubesnya, kamu cerita aja SPTnya gak ada. tapi kamu membawa surat keterangan dan dokumen pendukung lainnya. good luck ya!

      • Jen
        November 19, 2016 at 1:04 pm
        Reply

        thank you for answering :D iya aku masih mahasiswa jadi sponsornya ortu.. kalau dengan alasan hilang gitu membuat surat keterangannya bagaimana ya ? and btw, dokumen pendukung lainnya yang dimaksud yang udah ditulis diblog ini? atau bukti keuangan lainnya seperti pbb ,dst? trims

        • Sean Young
          Sean Young
          November 19, 2016 at 1:11 pm
          Reply

          saya email aja ya format surat pernyataannya. nanti kamu edit sesuai kondisinya kamu. iya dokumen pendukung yang bisa kamu provide sesuai yg saya tulis diblog ini.

          • Jen
            November 19, 2016 at 2:02 pm

            one more question :D kalau tidak melampirkan dan sudah memberi surat keterangan tidak mempunyai SPT dilampirkan dan ditelpon petugas untuk melampirkan SPT nya itu bagaimana ya ? btw SPT bukannya sekarang wajib untuk dilampirkan sejak 17 oktober. thank you :D

          • Sean Young
            Sean Young
            November 19, 2016 at 2:09 pm

            ya jalan terakhir sih siapin alasan aja knp tidak punya SPT. Harusnya sih enggak ya, itu lah gunanya surat pernyataan. hehe
            Barusan saya cek ke website kedubes korea masih belum ada status wajib deh. boleh tahu infonya darimana?

  85. wulan
    October 27, 2016 at 10:17 am
    Reply

    pagi ka..aku bulan nov mau ajuin visa korea utk traveling 4 jan 2017, ak bekerja dan melampirkan surat sponsor tmp bekerja dan bukti spt 21 ak sendiri, akan tetapi rek tabungan ak melampirkan rek tab suami krn perjalanan semua ditanggung suami, dan melampirkan sponsor suami jg. kira2 bisa di aprove gak ya? soalnya ak deg2an. hehe..makasih..

    • Sean Young
      Sean Young
      October 27, 2016 at 8:14 pm
      Reply

      halo wulan, thank you uda mampir. knp Wulan gak lampirkan rek tabungan Wulan?
      Tapi menurut saya pribadi sih tidak masalah karena status Wulan yang sedang bekerja dan kebutuhannya juga mencukupi selama disana.

  86. Amallia
    October 25, 2016 at 8:56 am
    Reply

    halo, mau tanya nih. di FAQ poin yang belum bekerja, disebutkan bahwa bisa pake bukti keuangan orang tua/saudara. kebetulan saya dan kakak saya mau ke korea tau depan, tapi kakak saya belum bekerja. bisa ngga ya pake bukti keuangan punya saya? kalau bisa, apa perlu melampirkan kartu keluarga, sebagai bukti bahwa saya dan kakak adalah saudara kandung?

    • Sean Young
      Sean Young
      October 25, 2016 at 11:05 am
      Reply

      halo amalia, iya bisa pake bukti keuangan kamu, tp pastikan keuangan kamu itu mencukupi utk kamu dan kakak kamu ya sehingga mereka tidak ragu dan juga lampirkan saja fotocopy kartu keluarga sebagai dokumen pendukung. semoga lancar ya :)

      • Amallia
        October 25, 2016 at 12:19 pm
        Reply

        Makasih banget informasinya. nanya lagi.. hehe. kalo apply visa-nya (amit2) ditolak, bisa langsung apply lagi, atau ada jarak? sebulan misalnya?

        • Sean Young
          Sean Young
          October 25, 2016 at 4:11 pm
          Reply

          iya sama2. visa nya baru bisa apply lg setelah 3 bulan. tenang, asal dokumen kamu lengkap dan uang tabungan lebih dari cukup, pasti lewat hehe. good luck ya :)

  87. zahrana
    October 16, 2016 at 4:42 pm
    Reply

    mau tanya dong kak, kalau udah kerja, baru banget punya kerja (fresh graduate gitu) dan belum punya tabungan, tabungan yang lama udah sangat-sangat lama gak dipakai soalnya, nah itu gimana harus bikin tabungan dulu? atau diisi sponsor bisa?

    • Sean Young
      Sean Young
      October 20, 2016 at 9:30 am
      Reply

      sorry zahrana baru bisa reply, baru balek dari Korea. saran saya, pake sponsor tapi jgn lupa cantumkan juga kalo kamu telah bekerja. dan kalo bisa sertakan juga tabungan yg baru trus nanti pas pengajuan visa, jelasin aja sekilas ke petugasnya biar mereka take note.

  88. amel
    September 28, 2016 at 12:02 am
    Reply

    Hai, mau tanya kalo kita lagi ngga kerja tapi cuma ngajuin bukti tabungan sendiri tanpa sponsor dari orang lain bisa lolos ngga yah?

    • Sean Young
      Sean Young
      September 28, 2016 at 9:09 am
      Reply

      hai amel, thank you uda mampir :)
      bisa aja sih tapi beresiko mbak. Mending diisi sponsor dari orang lain misalnya ortu mbak agar terlihat menyakinkan karena posisi mbak sedang tidak bekerja saat proses pengajuan visa.

Leave a reply

:sick:
 
:sick:
:full:
 
:full:
:gongxi:
 
:gongxi:
:siul:
 
:siul:
:happy:
 
:happy:
:sip:
 
:sip:
:terimakasih2:
 
:terimakasih2:
:desperate:
 
:desperate:
:haha:
 
:haha:
:noise:
 
:noise:
:hero:
 
:hero:
:spa:
 
:spa:
:panas:
 
:panas:
:hore:
 
:hore:
:mandi:
 
:mandi:
:aha:
 
:aha:
:bye:
 
:bye:
:scare:
 
:scare:
:shock:
 
:shock:
:evilmirk:
 
:evilmirk:
:terimakasih:
 
:terimakasih:
:keren:
 
:keren:
:angry:
 
:angry:
:relax:
 
:relax:
:victory:
 
:victory:
:shy:
 
:shy:
:yawn:
 
:yawn:
:nosebled:
 
:nosebled:
:noo:
 
:noo:
:sad:
 
:sad:
:semangat:
 
:semangat:
:bingung:
 
:bingung:
:ngamuk:
 
:ngamuk:
:cold:
 
:cold:
:hoho:
 
:hoho:
:goyang:
 
:goyang:
:lonely:
 
:lonely:
:sigh:
 
:sigh:
:study:
 
:study:
:senang:
 
:senang:
:sweating:
 
:sweating:
:crying:
 
:crying:
:dead:
 
:dead:
:matabelo:
 
:matabelo:
:confused:
 
:confused:
:hi:
 
:hi:
:busy:
 
:busy:
:silence:
 
:silence: