Body Rafting, Green Canyon

Ini adalah travelling pertama saya. Mencoba body rafting di Green Canyon, Pengandaran. Singkatnya ini trip ajakan pertama. Dari Jakarta menuju Green Canyon ditempuh lebih kurang 9 jam lamanya. Diawali dengan meeting point di lokasi Slipi Jaya pukul 20.00. Saya dan teman saya pun bergegas menuju lokasi meeting point setelah pulang bekerja. Rombongan pun berangkat pukul lebih kurang 21.00 dikarenakan macet + menunggu rombongan lain yang belum tiba.

Kami pun tiba pukul 06.00 pagi, mencoba relaksasi sesaat sebelum akhirnya berangkat menuju homestay + makan siang. Setelah makan siang, kami pun menuju tempat memasang perlengkapan body rafting yang lokasinya tidak jauh dari homestay. Kami dipinjami perlengkapannya mulai dari helm, life jacket, pelindung lutut, dan sandal gunung. Jadi cukup bawa diri aja :evilmirk:

Oh ya, jika ingin membawa barang-barang seperti makanan, minuman dan kamera, dari pihak guider menyiapkan dry box. Kenapa makanan dan minuman dibawa? Body rafting ini jaraknya 5 km jadi pada check point 2.5 km untuk minum dan makan sesaat. Untuk mencapai ujung dari perjalanan body ratfing ini memakan waktu 4-5 jam.

Setelah persiapan selesai, ternyata sudah ada 2 mobil (1 truk dan 1 mobil pick up) yang digunakan untuk membawa rombongan ke hulu dari sungai tersebut dengan transportasi darat. Setelah itu kami harus menuruni bukit dengan berjalan kaki oleh karena itu berguna sekali sandal gunung ini untuk outdoor.

Ready to go...

Ready to go…

Kebetulan saya datang ketika cuaca sedang ramah-ramahnya (dibaca tidak hujan) jadi warna sungainya hijau. Jika datang ketika musim hujan, airnya akan berubah menjadi coklat dikarenakan endapan lumpur di dasar sungai bercampur dengan arus sungai yang deras.

Foto dulu sebelum nyebur

Dan akhirnya tibalah kami dilokasi hulu sungai, dan tidak nunggu lama lagi, saya pun mencoba meceburkan diri ke air. Segeeer man. Cuaca panas + nyebur di air.

P.S : Disarankan untuk pemanasan dahulu untuk mencegah kram  :aha:

Guider mengarahkan kita dengan membagi kami menjadi beberapa baris dengan formasi kereta api sehingga bisa dibawa untuk mengikuti arus sungai. Ternyata formasi ini cukup berguna untuk menghemat tenaga (berenang sendiri) sambil menikmati pemandangan. Disarankan untuk berhati-hati dikarenakan banyak batu karang. Tetapi selama mengikuti instrukti dari guider, semua pasti aman-aman saja.

Formasi barisan kereta api

Mendeketi titik akhir, akan ada spot bernama Batu Payung dengan tinggi 7 meter, rasanya cukup mengerikan terjun dari ketinggian segitu. Tapi ketika melihat rombongan lain mencoba terjun dari ketinggian tersebut, maka sayapun memberanikan diri untuk mencoba. Dan akhirnya byuuuuuuuuuur, rasanya gak bisa ngomong apa-apa  :scare:

Setelah tiba di titik akhir, kami pun dibawa dengan kapal kembali menuju daratan. Cukup melelahkan perjalanan ini. Setelah selesai mandi, kami pun disuguhkan kepala muda dengan makan malam yang terlihat sederhana tapi nikmat sekali (mungkin saya lapar).

Terakhir acara dilanjutkan dengan mengunjui pantai Batu Karas untuk temu keakraban sesaat di pantai. Mengutip kata pepatah “Jika tak kenal maka tak sayang”. Lalu ketika waktu sudah menunjukan pukul 22.00, kami pun kembali ke home stay pukul 22.00 untuk tidur…